Polres Jombang Siapkan Enam pos Pam dan Tim Joker Saat Nataru 2019

oleh -
Tim Joker Melaksanakan pengaturan arus Lalulintas di Kecamatan Bandar Kedungmulyo (Nurul Hidayat/Kabarjatim)
Tim Joker Melaksanakan pengaturan arus Lalulintas di Kecamatan Bandar Kedungmulyo (Nurul Hidayat/Kabarjatim)

JOMBANG– Sebanyak enam buah Pos Pengamanan (Pos Pam) disiapkan oleh Kepolisian Resort (Polres) Jombang saat periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Pos – pos tersebut tersebar disepanjang jalan yang dilalui oleh para pemudik.

Kasatlantas Polres Jombang, Ajun Komisaris Polisi Inggal Widya Perdana Menyebutkan, ke enam pos pam berada di Pintu keluar Tol Bandar Kedungmulyo, Pintu keluar Tol Tembelang, Didepan Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Mojowarno, di rest area KM 695 B kedungmlati, Pos Kota Wahid Hasim serta di TAC Mojoagung.

“Didalam Pos pam tersebut juga disiagakan anggota baik dari unsur Polri, TNI, serta ada personel dari instansi lainnya, seperti Dishub, Satpol PP, Jasaraharja, dan Dinas Kesehatan,” ujarnya saat ditemui di Kantornya, Selasa 25 Desember 2018.

Inggal menambahakan, para pemudik yang melalui titik-titik pos pam dapat beristirahat dipos pam tersebut, untuk melepas lelah dan dapat melanjutkan perjalanan.

“Jaga Kondisi Fisik, jika mengantuk atau lelah, pos Pam dapat dipergunakan sebagai sarana istirahat sebelum melanjutkan perjalanan,” imbuhnya.

Selain menyiapkan pos pengamanan Polres Jombang melalui satuan Satlantas Polres Jombang menyiagakan tim Joker yang bertugas untuk mengurai kemacetan serta melakukan rekayasa lalu lintas saat terjadi kepadatan arus di wilayah kabupaten setempat.

“Sementara ada 8 unit tim Joker setiap harinya yang bertugas dilapangan guna memantau perkembangan situasi arus dilapangan,”tandasnya.

Terkait pembagian wilayah keamanan tim Joker yang ada di kabupaten jombang dibagi menjadi tiga unit di sisi barat Kabupaten Jombang, dua unit siaga dalam Kota jombang, dua unit di titik timur Kabupaten Jombang serta satu unit di titik utara.

“Secara keseluruhan mereka bertugas untuk memantau situasi perkembangan arus lalu lintas dan melakukan rekayasa lalu lintas jika memang diperlukan atau jika terjadi kepadatan,”ujarnya.

Masih menurut Inggal, keberadaan tim Joker dilapangan akan dibantu oleh personil yang disiagakan di pos pengamanan jika memang dibutuhkan penambahan personil saat melakukan rekayasa lalulintas. @VIN