Polres Jombang Gelar Razia Speedgun di Kawasan Blackspot

oleh -

JOMBANG – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Jombang menggelar razia menggunakan radar kecepatan atau speedgun di jalan Nasional Surabaya-Madiun tepatnya di Kecamatan Mojoagung, Jumat (9/11/2018).

Kasatlantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, alasan pemilihan lokasi razia diwilayah tersebut yakni karena Jalan Nasional yang melintasi kecamatan Mojoagung termasuk dalam kawasan rawan kecelakaan lalu lintas atau black spot.

“Selain itu juga razia digelar untuk edukasi kepada masyarakat tentang batas kecepatan di jalan,” ujarnya saat memimpin langsung razia speedgun.

Sesuai dengan Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, batas kecepatan di dalam kota 60 kilometer per jam. Kemudian di antarkota 80 kilometer per jam, di jalan tol 100 kilometer per jam.

“Sedangkan batas kecepatan paling rendah pada jalan bebas hambatan atau jalan Tol ditetapkan dengan batas absolut 60 (enam puluh) kilometer per jam,” imbuhnya.

Masih menurut Inggal, Razia speed gun juga guna mencegah kecelakaan akibat melebihi batas kecepatan, hal tersebut bagian dari operasi zebra semeru 2018. “Salah satu poin penindakan dalam razia Operasi Zebra Semeru 2018 yakni pengendara yang mengendarai kendaraan yang melebihi batas kecepatan,” tegasnya.

Hasilnya dalam razia speedgun di jalur nasional Surabaya Madiun, pihaknya berhasil menindak dua kendaraan yang melebihi batas kecepatan maksimum. “Satu kendaraan dengan kecepatan 90 km per jam dan satu kendaraan lain 92 km per jam, semua kita tidak dengan menggunakan tilang elektronik,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Saefullah