Polres Jombang Bangun Pos Pelayanan mirip Kotak Suara Pemilu

oleh -
Warga memanfaatkan rest area yang dibuat oleh Polres Jombang_
Warga memanfaatkan rest area yang dibuat oleh Polres Jombang_

JOMBANG– Kepolisian Resort (Polres) Jombang membangun sebuah Pos Pelayanan (Pos Yan) natal dan tahun baru 2019 dengan tema kotak suara pemilu dan smartphone. Pos pelayanan tersebut dibangun tepat di rest area KM 695 A tol Jombang Mojokerto.

Pantauan di lokasi, pos pelayanan terebut dibuat seperti Kotak suara pemilu 2019 mendatang, lengkap dengan nomor TPS, desa dan Kecamatan. Selain itu juga ditambahkan dengan ornamen media sosial serta himbauan untuk tidak Golput dalam pemilu 2019 mendatang. Bagian dalam pos pam seluas 6×3 meter persegi ini dibuat senyaman mungkin untuk menyambut para pengguna jalan tol, yang butuh istirahat saat oerjalanan jauh.

Diluar rest area juga disediakan foto booth untuk masyarakat agar bisa ber selfie dengan latar belakang melawan hoax dan sukseskan pemilu 2019.

Wakapolres Jombang, Kompol Budi Setiyono itu pembangunan pos pelayanan mirip dengan kotak suara pemilu 2019 yakni untuk mengingatkan masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam pemilu tersebut baik di pemilihan legislatif maupun di pemilihan presiden 2019 mendatang.

“Perlu diingat waktu tanggal 17 April mendatang adalah pesta. rakyat demokrasi sehingga dengan adanya bos ini bisa mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk berpartisipasi atau tidak golput saat pemilihan umum,” ujarnya saat ditemui di rest area KM 695 A tol Jombang Mojokerto. Kamis 27 Desember 2018.

selain itu penambahan ornamen media sosial di pos pelayanan tersebut, dimaksudkan guna mengingatkan kembali kepada generasi milenial serta warga masyarakat agar bijak dalam bermedsos sehingga tidak mudah termakan isu hoax.

“Generasi milenial harus melawan hoax bukan justru malah menyebarkan berita yang tidak benar,”imbuhnya.

Keberadaan pos pelayanan di rest area menurut Budi, agar masyarakat bisa memanfaatkan rest area tersebut sebagai sarana istirahat saat perjalanan jauh melintasi jalur tol.

“Kondisi fisik pengemudi serta kendaraan hendaknya terus dipantau dan dicek langsung saat perjalanan jauh, gunakan rest area untuk memulihkan stamina pengemudi serta mengecek kondisi kendaraan,” tegasnya.

Sementara itu Abdul Wahab, pemudik asal Kabupaten Gresik tujuan Kabupaten ngawi mengapresiasi keberadaan pos pelayanan dengan tema Kotak suara pemilu tersebut, hal ini dikarenankan mengingatkan kepada masyarakat agar berpartisipasi dalam pemilu mendatang.

“bagus sebagai motivasi dan pengingat kepada masyarakat bahwa nanti pada tanggal 17 April akan dilaksanakan pemilu sehingga wajib bagi kita sebagai warga negara untuk turut berpartisipasi dalam momen tersebut,” tegasnya. @VIN