Polisi Sumenep Ringkus Pelaku Penebangan Kayu Ilegal

oleh -

SUMENEP – Jajaran Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, berhasil mengamankan pelaku penebangan kayu ilegal (Ilegal loging) milih Perhutani diwilayah hukum Pulau Kangayan.

Tersangka yang berhasil diamankan itu yakni Saipul (38), warga Dusun Bondat, Desa Kangayan. Selain melakukan penebangan ilegal, Saipul juga bekerja sebagai seorang nelayan.

Saipul ditangkap atas laporan LP/19/XII/2019/Jatim/Res Smp/Sek Kangayan tanggal 05 Desember 2019.

Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti menjelaskan, tersangka Saipul ditangkap saat membawa kayu hasil curian di Perairan Laut Kecamatan Kangayan.

“Berdasarkan laporan dari Perhutani BKPH Kangean Timur yang telah melakukan giat pengamanan tersangka Saipul di Perairan Kecamatan Kangayan,” katanya.

Selanjunya kata Widi, Bahwa Petugas Perhutani BKPH Kangean Timur saat melakukan patroli laut menemukan dan melihat tersangka menahkodai sebuah Perahu Motor dari kayu.

“Saat didekati dan dilakukan pemeriksaan terhadap perahu tersebut ditemukan kayu kayu berbentuk Papan dan balok dengan ukuran bervariasi yg tidak dilengkapi dengan surat ijin resmi atau SKSHH dan diduga hasil ilegal logging,” jelasnya.

Petugas Perhutani mengamankan Tersangka dan BB kayu serta Perahu motor dari kayu ke Kantor Perhutani BKPH Kangean Timur.

“Kemudian pada hari ini Kamis 05 Desember 2019 Tersangka dan BB diserahkan oleh Petugas Perhutani kepada Polsek Kangayan guna dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut,” terangnya.

Adapun barang bukti yang berhasil di amankan berupa kayu hutan jenis kenari voleume kurang lebih 4 kodi, sebuah Perahu Motor dari kayu.

“Saat ini tersangka akan dijerat dengan Pasal 12 huruf d dan e Jo Pasal 83 ayat 1 huruf a dan b UU No 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Hutan,” tandasnya.(RUS)