Polisi Sita Puluhan Tabloid Indonesia Barokah di Pasuruan

oleh -

SURABAYA – Polda Jawa Timur menyita puluhan tabloid Indonesia Barokah di sejumlah masjid dan pesantren di Pasuruan, Jumat (25/1/2019). Langkah cepat ini diambil polisi menyusul laporan dari pengurus masjid dan pondok pesantren.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, puluhan tabloid berisi konten provokatif itu dikirim melalui kantor pos dan dikirim ke sejumlah alamat pesantren maupun masjid.

“Jumlahnya cukup banyak. Hampir seluruh pesantren dan masjid diikirimi. Beberapa mungkin sudah tersebar. Tetapi sebagian sudah dilaporkan dan kami sita. Saat ini polisi juga tengah menelusuri alamat pengirim,” kata Barung dikonfirmasi.

Barung mengatakan, pihaknya juga sudah bekerjasama dengan seluruh marbot, imam masjid maupun pengurus pesantren untuk mengamankan tabloid tersebut. Mereka yang mendapat kiriman diimbau untuk tidak menyebarkan kepada masyarakat dan melaporkannya kepada kepolisian terdekat.

“Langkah ini kami ambil karena tabloid itu kontennya provokatif. Berisi black campaign. Karena itu sebisa mungkin jangan disebar. Kami bersyukur, karena mereka (Imam masjid maupun pesantren) paham dan mengikuti arahan kami,” katanya.

Barung mengatakan, pihaknya belum mengetahui pengirim tabloid tersebut. Kendati demikian Polda Jatim telah menurunkan tim intelejen untuk menelusuri. “Kami juga terus berkoordinasi dengan Mabes Polri atas masalah ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui, sejak beberapa hari terakhir tabloid Indonesia Barokah banyak menyebar di sejumlah daerah. Keberadaan tabloid ini meresahkan karena berisi tulisan-tulisan provokatif dan black campign.

EDITOR : Nurul Arifin