Polisi Siapkan Personel Khusus Untuk Kawal Paslon Pilkada Sumenep

oleh -

SUMENEP: Kepolisian Resort Sumenep mulai menyiapkan pasukan khusus untuk pengamanan calon bupati dan calon wakil bupati yang akan dipilih pada 9 Desember mendatang, di Kabupaten setempat.

Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti menjelaskan, akan ada empat anggota pada masing-masing pasangan calon, dengan rincian dua orang anggota untuk calon bupati dan dua orang anggota untuk calon wakil bupati. Mereka mengawal setiap calon selama 24 jam penuh.

“Baik calon bupati maupun calon wakil bupati itu mendapat pengawal pribadi dua orang. Mereka mengawal setiap calon itu selama 24 jam penuh,” katanya.

Mereka dipastikan mengawal setiap kegiatan calon. Bahkan, kata Widi, mereka juga stand by di masing-masing rumah calon ketika calon yang mereka kawal ada di rumahnya masing-masing.

Tidak hanya itu, kata Widi, mereka sudah mengawal masing-masing pasangan sejak berstatus bakal calon kemarin. Mereka akan mengawal di semua tahapan Pilkada, bahkan hingga pelantikan calon terpilih.

“Mereka sudah bertugas sejak beberapa hari kemarin. Mereka akan mengawal di semua tahapan pilkada, bahkan sampai nanti pelantikan,” jelasnya.

Pengawal pribadi ini, merupakan anggota khusus yang dipilih. Mereka melewati sejumlah seleksi di internal kepolisian. Selain memiliki bela diri khusus, selama mengawal calon mereka juga dibekali senjata api.

“Sebelumnya mereka sudah mengikuti tes seperti bela diri. Mereka juga dibekali senjata api untuk mengantisipasi manakala ada ancaman yang membahayakan keselamatan,” tandasnya. NOE