Polisi Ringkus Pelaku Pengeroyokan Pemuda Sumobito

oleh -
Pelaku saat Pressrilis di Mapolres Jombang (Kabarjatim/Nurul Hidayat)
Pelaku saat Pressrilis di Mapolres Jombang (Kabarjatim/Nurul Hidayat)

JOMBANG-Aparat Kepolisian Polres Jombang berhasil membekuk Satu dari delapan pelaku pengeroyokan terhadap M Abdul Choir, 28 Warga Dusun Sidokampir, Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Jombang, Jawa Timur, Kurang dari 24 Jam dari ditemukannya mayat korban di Desa Curahmalang, Kecamatan Sumobito.

Kepala Satuan reserse Kriminal Polres Jombang, Ajun Komisaris Gatot Setyo budi Menuturkan, Pelaku AF ditangkap di Kawasan Surabaya saat hendak melarikan diri.

“Dari informasi yang dihimpun dilapangangan dan olah tempat kejadian perkara akhirnya kita ketahui identitas pelaku dan langsung bergerak cepat, pelaku kita amankan diwilayah gayungsari surabaya,” Ujarnya saat presrilis di Mapolres Jombang. Selasa 09 Oktober 2018.

Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku, Aksi pengeroyokan tersebut terjadi lantaran para pelaku tersinggung saat korban beserta rombongan saat melintas dijalan desa yang dalam perbaikan memainkan gas motor sehinga suara Knalpot dininali menghina para pelaku.

“Para pelaku adalah mereka yang berjaga dijalan desa tersebut, tak terima dengan aksi korban dan rombongannya maka dilakukan pengeroyokan tersebut,” Jelasnya.

Aksi pengeroyokan yang dilakukan oleh para pelaku menggunakan batangan kayu yang ada dilokasi yang sedianya dipergunakan untuk melakukan pengecoran jalan. Akibat kejadian tersebut Korban tewas seketika.

“Dari hasil otopsi yang dilakukan oleh tim dokter, korban meninggal akibat patah tulang rahang bawah, patah rusuk serta patah tengkorak belakang, dan terjadi pendarahan dalam sehingga darah memenuhi paru-paru korban,” Lanjutnya

Masih menurut Gatot, Pihaknya menghimbau agar Tujuh pelaku yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang segera menyerahkan diri ke Mapolres Jombang Untuk Segera dilakukan pemeriksaan.”Identitas para Pelaku sudah kita kantongi dan saat ini sedang dilakukan pengejaran oleh anggota dilapangan,” pungkasnya.

Sementara AF saat ini mendekam di Mapolres Jombang untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku terancam dalam Kitab Undang – Undang Hukum Pidana (KUHP). Pasal 170 dengan Ancaman lebih dari lima tahun hukuman kurungan. Polisi Juga mengamankan barang bukti berupa Satu buah sepeda motor bernopol S 3499 ZO, empat buah potongan kayu balok yang terdapat bercak darah serta pakaian yang dikenakan oleh korban dan pelaku, satu buah handytalky.

Untuk diketahui, Warga Jombang digemparkan dengan temuan mayat seorang pemuda di kebun tebu Desa Curahmalang, Kecamatan Sumobito pada Senin (08/10/18) pagi.

Belakangan diketahui jenazah tersebut bernama M Abdul Choir, pemuda 28 tahun asal Dusun Sidokampir, Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Jombang, Jawa Timur.

Saat ditemukan kondisi korban terlentang dan terdapat luka di kepala bagian belakang. Sedangkan motor korban dengan nopol S 3499 ZO berada di sampingnya. @VIN