Polisi Amankan Pria Dengan Rantai Besi Di Kaki

oleh -

JOMBANG-Seorang pria paruh baya dengan memakai dirantai besi di kedua kakinya di amankan petugas dari Polsek Jombang Kota, Selasa (08/01/2019). Diduga pria ini mengalami ganguan jiwa.

Kejadian pengamanan dilakukan petugas kepolisian sekira pukul 12:10 Wib. Pria tersebut diamankan di wilayah jalan Gubernur Suryo yang berada di kawasan Jombang Kota. Saat diamankan ia hanya memakai pakaian yang lusuh dan kotor serta memakai sarung.

Sontak jalan tersebut menjadi ramai dan macet, sebab banyaknya warga sekitar yang melihat, serta pengendara yang melintas memelankan kendaraannya.

Kapolsek Jombang, AKP. H. Suparno memaparkan, pihaknya menerima laporan dari warga bahwa ada pria yang mencurigakan dengan kedua kaki di rantai berkeliaran di wilayahnya.

“Kami dapat laporan dari warga dan segera menuju lokasi yang disebutkan. Sebab warga takut serta curiga, jangan – jangan pria tersebut tahanan yang kabur dari lapas karena kakinya dirantai,” paparnya.

Setelah kami, lanjut Suparno, datangi lokasi, ternyata pria tersebut bukan tahanan yang kabur, melainkan seorang pria yang diduga depresi. Lantas pihaknya segera menghubungi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang, guna berkoordinasi dan lakukan tindakan selanjutnya.

“Setelah kami datangi kok pria tersebut sangat kumuh dan lusuh, terlihat seperti orang tak waras. Kami lantas hubungi dinas sosial dan berkoordinasi,” imbuhnya.

“Karena kondisi pria tersebut tak normal layaknya orang – orang pada umumnya, maka kami serahkan ke pihak Dinsos guna segera dikondisikan,” pungkasnya.

Usai pihak Dinsos datang, pria tersebut segera diangkut dengan mobil dinasnya dan selanjutnya di titipkan ke Griya Cinta Kasih (GCK), yakni tempat pengobatan serta penampungan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), yang ada di Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Jogoroto – Jombang.

Saat di GCK rantai besi yang mengikat kedua kaki pria tersebut akhirnya dilepas dengan menggunakan grenda. Selanjutnya pria berwajah lusuh dengan rambut cepak tersebut akan tinggal dan dirawat di tempat tersebut. @VIN