Polda Terjunkan Ribuan Personel ke Daerah Rawan Pada Pemilu 2019

oleh -

SURABAYA – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menerjunkan 1.113 personel untuk pengamanan Pemilu 2019 di wilayahnya. Ribuan personel itu disiapkan untuk membantu sejumlah daerah rawan di Jatim.

“Pasukan tersebut langsung di berangkatkan ke beberapa titik rawan di daerah. Di antarabya di wilayah Madura, Tapal Kuda hingga Mataraman,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, usai memimpin apel di Mapolda Jatim, di Surabaya, Senin (15/4/2019).

Luki menegaskan bahwa personel tersebut diturunkan untuk membantu sejumlah polres yang dinilai rawan. Mereka nantinya akan membantu menjaga tempat pemungutan suara (TPS) secara bergantian.

“Personel itu diturunkan karena ada beberapa polres yang meminta bantuab personel Polri guna memperkuat penjagaan di TPS-TPS,” katanya.

Selain dari Polri, personel TNI juga akan disiapkan untuk membantu mengamankan Pemilu 2019, khususnya di Jatim. Bahkan, para personel TNI siap siaga di setiap Kodim jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“TNI sifatnya adalah bantuan, perkuatan, BKO ke Polda. Seluruhnya TNI Jatim ada 17.650 dari AD, AL, dan AU. Ini juga kita geser untuk on call-nya di kodim-kodim nanti dari kepolisian. Sama nanti ada 1 SSK,” kata Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI R Wisnoe Prasetja Boedi.

Editor.  : Rusmiyanto