Polda Jatim Turunkan 1.700 Personel Gabungan TNI, Jelang Pelantikan Presiden

oleh -

SURABAYA – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menyiagakan 1.700 personel gabungan TNI menjelang Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin pada 20 Oktober 2019 mendatang. Para personel ini akan disiagakan di berbagai daerah mulai hari ini.

“Untuk personel dari Polda Jatim ada 800 orang, dan di backup BKO dari satuan TNI yang stand by di mako-mako mulai hari ini,” kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, di Surabaya, Jumat (18/10/2019).

Luki mengatakan, para personel ini akan bersiaga di beberapa objek vital. Nantinya personel gabungan itu juga akan melakukan patroli bersama dalam sepekan ini, termasuk Polres-polres, dan TNI di Kodim dan Korem.

“Kegiatan patroli dilakukan bersama dengan TNI. Kami sudah hampir seminggu ini melakukan patroli bersama untuk kegiatan tanggal 20 Oktober ini,” kata Luki.

Menurut Luki, tidak ada pengamanan prioritas di daerah di Jatim. Baginya, pengamanan di seluruh daerah dilakukan secara sama rata. “Hampir semua kabupaten rata, cuma nanti hari minggu kita ada parade merah putih oleh masyarakat Jatim di empat titik. Yaitu di Gunung Ijen, Bromo, Suramadu dan Tugu Pahlawan,” ujarnya.

Luki berterima kasih kepada masyarakat Jatim karena turut aktif dalam menjaga Jatim aman, dan kondusif selama pagelaran Pilpres hingga menjelang Pelantikan Presiden. Luki mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aksi demonstrasi hingga pesta kemenangan secara berlebih.

“Kita mengimbau ke masyarakat Jatim yang melakukan pesta kemenangan, kami imbau untuk banyak melakukan istighosah, doa untuk Indonesia damai,” kata Luki.(RUS)