Pohon Tumbang Timpa Rumah Bidan Desa

oleh -

JOMBANG-Rumah seorang bidan desa di Deda Sumobito, Kecamatan Sumobito, Jombang tertimpa pohon, Rabu (6/2/2019). Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 Wib. Pohon berukuran besar yang berada di jalan raya Ingas Pendowo, tumbang akibat disapu angin. Akibatnya, pohon tersebut ambruk dan menimpa rumah Yeti Sulistyoni, seorang bidan desa setempat.

Kasi Pencegagan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi mengatakan, telah terjadi pohon tumbang yang menimpa permukiman warga. Pihaknya segera menerjunkan anggotanya menuju lokasi guna pengamanan serta evakuasi.

“Kami dapat laporan dari kepala desa setempat, lantas kami terjunkan anggota dengan membawa alat gergaji mesin guna evakuasi pohon tersebut,”ucapnya.

Ia menambahkan, Pusdalops BPBD Jombang memberangkatkan 2 personil dari Pos Damkar Mojoagung. Angin kencang mengakibatkan satu pohon tumbang dan 1 rumah rusak ringan dan 1 lagi rusak parah.

“Usai tiba di lokasi kejadian, anggota kami segera memotong pohon tersebut dan mendata kerusakan yang ditimbulkan. Satu atap rumah milik bidan desa mengalami rusak parah,”imbuhnya.

Akibat peristiwa tersebut, lalu lintas sempat mengalami kemacetan karena pohon yang tumbang melintang menutupi jalan. Dengan dibantu warga serta para relawan akhirnya pohon berukuran besar bisa di evakuasi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian ditafsir mencapai jutaan rupiah. Sebab pohon tumbang juga mengakibatkan kerusakan pada kabel PJU dan Telkom.

Editor : Nurul Arifin