Pohon Raksasa Depan Istana Gebang Blitar Tiba-Tiba Terbelah

oleh -

BLITAR-Pohon Gada berumur puluhan tahun di depan Istana Gebang Kota Blitar terbelah dan roboh pada Rabu (26/09/2018).

Kepala Bidang Pengelolaan Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot Blitar Heru Santoso menjelaskan berdasarkan penelusuran sementara , penyebab ambruknya pohon gada ini karena lapuknya batang di sisi tengah bagian pohon.

“Iya mas Pohon Gada ini tadi tepat jam sembilan pagi terbelah dan roboh. Namun robohnya tidak langsung mas, tapi pelan- pelan . Karena memang pohonnya di tengah – tengah sudah berlubang , sudah rapuh ,” katanya kepada Kabarjatim.com.

Kondisi pohon Gada yang telah roboh, Sebelum pohon roboh di sekitaran pohon baru saja dipakai aktivitas olahraga oleh anak- anak sekolah yang kebetulan berada di sana.

Namun beruntung, sebelum pohon roboh, sejumlah siswa itu bergeser ke belakang bangunan Istana Gebang sehingga selamat dari peristiwa robohnya pohon itu.

Kendati begitu , dia menegaskan atas peristiwa itu tidak berpengaruh dengan aktivitas pariwisata di Istana Gebang, tempat bersejarah yang merupakan rumah masa kecil Presiden pertama RI Ir Soekarno ( Bung Karno ).

Menurut beberapa informasi yang kami gali Pohon Gaga ini ditanam pada saat peringatan 40 hari wafatnya mantan Presiden Soekarno , pada bulan Juli tahun 1970. Jadi usia pohon tersebut hingga kini sudah berusia 48 tahun lebih. @VIN