Pohon Mirip Sakura Berbunga, Kota Surabaya Mirip di Jepang

oleh -
Pohon Tabebuya Berbunga (foto Akun Facebook Azulia Nisya)
Pohon Tabebuya Berbunga (foto Akun Facebook Azulia Nisya)

SURABAYA – Kota Surabaya, Jawa Timur, akhir-akhir ini disuguhkan keindahan pohon Tabebuya seperti pohon Sakura di Jepang. Bunga pohon berwarna-warni itu berada hampir merata di semua wilayah di Surabaya.

“Pohon itu merata ada di semua wilayah di Surabaya, tapi memang di setiap titik hanya ada beberapa pohon saja,” ujar Kabag Humas Pemkot Surabaya, M. Fikser, dikonfirmasi, Kamis (29/11).

Pohon Tabebuya ada beberapa jenis yang berada di Surabaya, yaitu pohon dengan bunga berwarna pink, putih, kuning, dan ungu. Misalnya, pohon Tabebuya yang berada di Jalan Gubernur Suryo tepatnya di depan Taman Apsari, bunga pohon berwarna putih, dan merah.

Hanya saja, lanjut Fikser, bunga pohon sudah berguguran sejak beberapa waktu lalu. Pohon Tabebuya sendiri telah ditanam sejak tahun 2010 lalu. “Bunganya sudah berguguran, kalau sekarang bunganya tinggal sedikit, karena sudah banyak yang berguguran,” katanya.

Feby Ariawan, 26, warga Jalan Pesapen, Surabaya, mengaku kagum dengan keindahan pohon Tabebuya yang ditanam Pemkot Surabaya. Feby mengaku seakan Surabaya mirip Jepang. “Kalau daun pohon berguguran, Surabaya serasa seperti di Jepang,” katanya.

Pohon Tabebuya Berbunga (foto Akun Facebook Azulia Nisya)
Pohon Tabebuya Berbunga (foto Akun Facebook Azulia Nisya)

Sulastri, 37, juga mengaku terkejut ketika melihat adanya daun-daun warna-warna berguguran di Surabaya beberapa waktu lalu. Namun, Sulastri belum pernah tahu dan melihat langsung dimana lokasi pohon-pohon tersebut.

“Saya tahunya dari gambar-gambar yang beredar luas di media sosial, belum perbah lihat langsung. Tapi katanya pohon itu belum ditanam merata di sepanjang jalan di Surabaya,” kata ibu dia anak itu.

Feby dan Sulastri berharap kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menanam pohon tersebut merata di sepanjang jalan di Kota Pahlawan. Ia optimistis keindahan Surabaya tidak kalah dengan keindahan kota di Jepang.

“Kalau pohon itu ditanam di sepanjang jalan di Surabaya, saya yakin bakal bikin warga Surabaya kagum. Keindahannya juga gak akan kalah dengan di Jepang,” ujarnya. @VIN