Pileg 2019, NasDem Jatim Target Tambah Kursi di Semua Lini

oleh -
Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Rendra Kresna, di Kantor DPW NasDem Jatim (Foto : amal/kabarjatim)
Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Rendra Kresna, di Kantor DPW NasDem Jatim (Foto : amal/kabarjatim)

SURABAYA – Partai NasDem mendaftarkan 120 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Senin (16/7/2018). Dari jumlah itu, sebanyak 70 persen laki-laki dan 30 persen perempuan.

“Untuk tingkat DPRD Jatim, NasDem target 14 kursi, lebih tinggi dari tahun 2014 yang hanya 4 kursi,” kata Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Rendra Kresna, di Kantor DPW NasDem Jatim setelah mendaftarkan calegnya ke KPU Jatim.

Tak hanya itu, NasDem juga menambah target jumlah anggota DPR RI. Pada Pileg 2019 mendatang, NasDem menarget sebanyak 14 orang dari 11 dapil, jumlah itu lebih tinggi dari Pileg 2014 lalu yang hanya berjumlah tujuh anggota DPR RI.

Sementara untuk tingkat Kabupaten/Kota di Jatim, NasDem juga menambah target anggota DPRD di kabupaten/kota sebanyak 120 kursi dari 38 kabupaten/kota se- Jatim. Jumlah itu lebih tinggi dari anggota DPRD Se-Jatim yang saat ini sebanyak 114 kursi.

“Kursi ini untuk umum, baik dari internal maupun internal. Yang paling penting adalah eletabilitasnya bagus, dan harus disuport dengan popularitas. Karena tanpa dikenal masyarakat, tidak akan terpilih,” katanya.

Menurut Rendra, target tersebut terbilang wajar, mengingat ada penambahan jumlah daerah pemilihan (dapil) dari semula 11 menjadi 14. Apalagi, kata Rendra, NasDem memiliki sejumlah kader yang duduk di eksekutif (kepala daerah) maupun legislatif untuk menopang suara NasDem pada Pileg 2019.

Di antaranya Rendra sendiri (Bupati Malang), Hasan Aminudin (anggota DPR RI yang juga mantan Bupati Probolinggo dua perode) serta Ipong Muchlissoni (Bupati Ponorogo). “Tentu mereka pasti memiliki daya tarik sendiri bagi masyarakat untuk mengikuti jejak, atau setidaknya ketokohan dari seorang kader yang ada di pimpinan eksekutif,” ujarnya.

Selain itu, Rendra juga berharap tambahan baru dari kader Nasdem yang memenangi Pilkada serentak 2018, di antaranya Bupati Sampang terpilih dan Wali Kota Mojokerto terpilih. Ada pula beberapa tokoh masyarakat, baik yang berlatar belakang politisi aktif maupun yang sempat vakum dan ingin kembali meramaikan panggung politik.

“Tokoh-tokoh politisi (Parpol) lain juga ada yang sudah bergabung, sehingga itu menjadi energi bisa kemudian menambah suara Partai Nasdem, ada Pak Yoto (mantan politikus PAN, Suyoto),” kata Rendra. @VIN