Perlu Inovasi dalam Meningkatkan Produksi Pertanian

SUMENEP: Bupati Sumenep Achmad Fauzi menilai kualitas sektor pertanian di Sumenep baik pangan maupun hortikultura harus terus ditingkatkan.

Dia menyebut, saat ini sistem pertanian di Sumenep harus terus bergerak maju dengan memanfaatkan teknologi. Inovasi dalam upaya meningkatkan produksi pertanian penting dilakukan dengan berbagai cara, termasuk metode pertanian organik yang saat ini sedang banyak dikembangkan di berbagai daerah.

“Terobosan inovasi teknologi organik tidak hanya mengedepankan meningkatnya produktivitas pertanian saja, namun merestorasi tanah pertanian dari racun kimia menjadi tanah yang sehat,” jelasnya.

Inovasi pertanian merupakan salah satu upaya mendorong produktivitas sektor pertanian, sehingga jangan malu mengadopsi dan belajar dari daerah lain yang telah sukses mengembangkan inovasi dan teknologi pertanian.

Baca Juga  Tujuh Pelanggar Lalu Lintas Akan Ditindak Petugas Selama Operasi Zebra Semeru 2022

“Inovasi pertanian di daerah lain perlu diterapkan di Kabupaten Sumenep, jika cocok dan sesuai dengan kondisi lahan pertanian, sehingga perlu percepatan penerapan inovasi itu,” ungkapnya.

Bupati berharap, pola dan teknologi pertanian organik bisa memberikan multi effect player bagi berkembangnya dunia pertanian, sehingga produksi pertanian bisa terus meningkat yang ujung-ujungnya meningkatkan kesejahteraan petani.

Untuk itulah, petani, pengusaha dan instansi terkait meningkatkan sinergitas dalam upaya membangun produktivitas pertanian dan ketahanan pangan, guna meningkatnya taraf perekonomian masyarakat.