Peringati Hari Jadi Sidoarjo Ke-160, Baznas Sidoarjo Khitan Massal Gratis 200 Anak

oleh -

SIDOARJO – Untuk memperingati hari jadi Sidoarjo ke 160 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sidoarjo menggelar bakti sosial dengan khitan massal gratis 200 orang anak di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (13/2/2019).

Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah mengatakan kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban kaum dhuafa dan juga bisa menumbuh kembangkan nilai-nilai sosial antar sesama.

“Saya mengajak semua masyarakat Sidoarjo untuk ikut mendukung pembangunan di Kabupaten Sidoarjo,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua 2 Baznas Sidoarjo, Joko Subagyo mengatakan kegiatan khitan massal adalah program kerja dari Baznas Sidoarjo dan selalu dilaksanakan rutin tiap tahun pada saat memperingati hari jadi Kabupaten Sidoarjo.

“Tidak hanya khitan massal, Baznas Sidoarjo juga menyelenggarakan kegiatan screening mata dan operasi katarak serta operasi bibir sumbing,” paparnya.

Pemberian bantuan hidup, lanjut Joko serta bantuan pengobatan dan bantuan pendidikan juga diberikan di hari jadi Kabupaten Sidoarjo tahun ini. Sumber dananya berasal dari zakat, infaq dan shodaqoh yang dihimpun Baznas Sidoarjo dari masyarakat.

“Untuk program-program bantuan bagi fakir miskin yang bersifat konsumtif, semi produktif dan bantuan untuk kepentingan Asnaf (orang yang berhak menerima zakat) lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa bentuk program pendistribusian bantuan yang dilakukan Baznas Sidoarjo. Diantaranya, Baznas Cerdas yakni bantuan bagi pendidikan, anak asuh, dan beasiswa. Ada lagi Baznas Sehat berupa pengobatan gratis, pemberian alat kesehatan, khitan massal, operasi katarak, operasi bibir sumbing dan pemberian kaki palsu.

“Program Baznas Peduli berupa pemberian bantuan kepada korban bencana alam, santunan di daerah terpencil hingga pemberian bingkisan kepada penjaga sekolah, penjaga makam serta perbaikan rumah keluarga yatim juga salah satunya,” pungkasnya.

Editor : Nurul Arifin