Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, Kejati Jatim Luncurkan Tagline, Apa Itu?

oleh -
Kajati Jatim Sunarta
Kajati Jatim Sunarta

SURABAYA-Peringatan Hari Anti Korupsi 2018, sejumlah Siswa SMP Serbu kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim . Mereka datang ke kantor Kejaksaan untuk ikut sejumlah lomba dalam peringatan hari anti korupsi sedunia yang jatuh setiap tanggal 9 Desember.

Kepala Kejati Jatim Sunarta mengatakan pihaknya menggelar lomba cerdas cermat, yel-yel anti korupsi dan pidato. Lomba ini dikhususkan untuk diikuti oleh siswa tingkat SMP se Jawa Timur. Sedangkan untuk peringatan tahun ini, Kejati Jatim mengangkat tagline ‘Kenali Hukum, Jauhi Hukuman’.

“Dua pekan lalu, kantor-kantor Kejari seluruh Jatim sudah melaksanakan seleksi. Sekarang juara 1 tingkat daerah, dikirim ke Kejati guna ditentukan juaranya. Jumlah Kejari se Jatim ada 38 tingkat kota maupun kabupaten,” ujarnya, Minggu (9/12/2018).

Mengapa siswa tingkat SMP, Sunarta menambahkan hal ini bertujuan agar generasi bangsa bisa sejak dini memahami segala sesuatu tentang anti korupsi. “Dengan secara spesifik membaca dan belajar, diharapkan mereka sejak dini memahami makna anti korupsi,” tambahnya.

Momentum peringatan Hari Anti Korupsi Se-dunia tahun ini memang melibatkan masyarakat umum. Namun, kali ini para pelajar mendapatkan porsi lebih untuk berperan aktif dalah anti korupsi.

Kajati Jatim Foto  Bersama Komunitas Media Pengadilan dan Kejaksaan (KOMPAK)
Kajati Jatim Foto Bersama Komunitas Media Pengadilan dan Kejaksaan (KOMPAK)

Untuk diketahui, Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember. Peringatan ini dimulai setelah Konvensi PBB Melawan Korupsi pada 31 Oktober 2003 untuk meningkatkan kesadaran anti korupsi. Melalui resolusi 58/4 pada 31 Oktober 2003, PBB menetapkan 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Internasional. Majelis itu mendesak semua negara dan organisasi integrasi ekonomi regional yang kompeten untuk menandatangani dan meratifikasi Konvensi PBB melawan Korupsi.

Hal itu dilakukan untuk memastikan peberlakuan Korupsi Sedunia’Hari Anti Korupsi Sedunia secepatnya. UNCAC adalah instrumen anti korupsi internasional pertama yang mengikat secara hukum. UNCAC juga memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan global terhadap korupsi. @VIN