Perangi Narkoba, Petugas Lapas Jombang Di Tes Urin

oleh -

JOMBANG – Puluhan petugas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Jombang menjalani tes urin. Hal tersebut dilakukan untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba terhadap aparat di lingkungan Lapas, Jum’at (11/10/2019).

Kegiatan yang dilakukan secara mendadak tersebut dimulai pukul 07:30 Wib, bertempat di dalam Lapas Kelas IIB Jombang dengan melibatkan anggota dari Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres setempat sebagai pendamping.

Kalapas Kelas IIB Jombang, Wachid Wibowo mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah dari direktorat jendral pemasyarakatan untuk melaksanakan tes urin pada petugas lapas. Ini juga merupakan bentuk kesiapan petugas dalam turut serta memerangi narkoba.

“Ini merupakan perintah dari direktorat jendral pemasyarakatan serta kesiapan para petugas kami dalam perang narkoba terhadap maraknya peredaran narkoba di Jombang,” tuturnya.

Dengan dilaksanakannya tes urine, lanjut Wachid, kepada seluruh pegawai Lapas, dirinya berharap bisa mencegah atau upaya preventif menghindari penyalahgunaan narkoba. Sebab sebanyak 65 persen penghuni lapas kelas IIB Jombang terdiri dari kasus narkoba.

“Kegiatan ini sebagai langkah pencegahan terhadap petugas Lapas, supaya terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Sebab mereka adalah aparat yang membina warga binaan, jadi mereka harus bebas dari narkoba,” imbuhnya.

Sebanyak 87 petugas lapas, hanya 83 petugas yang mengikuti tes urin dengan hasil kesemuanya negatif. Sementara empat petugas belum mengikuti tes urin dikarenakan masih dalam agenda cuti.

“Alhamdulillah 83 petugas kami hasil tes urinnya negatif, untuk petugas yang masih cuti nantinya akan di cek setelah mereka sudah kembali beraktifitas,” tegas Wachid.

Sebelumnya, Lapas Kelas IIB Jombang juga rutin melakukan kegiatan tes urin, baik dikalangan petugas maupun para warga binaan. Dengan harapan agar lapas Jombang terbebas dari narkoba.

“Kami akan lakukan kegiatan ini secara berkala, untuk melihat kesiapan petugas dalam perang narkoba, serta untuk mewujudkan agar lapas terbebas dari narkoba,” pungkas Wachid.

Terpisah, Kasat Reskoba Polres Jombang menuturkan, kegiatan ini merupakan pencegahan penggunaan narkoba bagi petugas lapas yang ada di Jombang. Sebab jaringan narkotika saat ini tak hanya menyasar ke masyarakat umum saja, melainkan juga kepada lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk pegawai – pegawai lapas.

“Kita lakukan tes urin yaitu bertujuan untuk memberantas serta memutus mata rantai jaringan peredaran narkotika, dilingkungan ASN atau pegawai – pegawai lainnnya,” tegasnya. (RUS)