Penyebar Video Hoax Emak Emak Labrak KPU Jombang Ditangkap

oleh -

JOMBANG – Anggota Resmob Polres Jombang dipimpin Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Azi Pratas Guspitu menangkap pelaku penyebar video hoax di Kampung Neglasari, Kelurahan Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu 27 April 2019.

Diketahui pelaku bernama Rukman (30), asal Kampung Gandayayi Curah Rejo, Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut. Ia menyebarkan video hoax dengan judul ‘1NDIKA4SI CUR4NG!! 3MAK 3MAK L4BRAK GUD4NG KPU JOMBANG J4TIM!!!’ yang diunggah di aplikasi YouTube.

Penangkapan dilakukan setelah tim dari Polres Jombang berkoordinasi dengan Resmob Polres Garut dan Kanit Reskrim Polsek Cibiuk. Pelaku akhirnya dapat diamankan ketika sedang berada di rumah mertuanya sekira pukul 12:00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP. Azi Pratas Guspitu menuturkan, penangkapan ini terkait video yang sempat viral di YouTube tentang sekelompok emak-emak yang menggeruduk kantor KPU Kabupaten Jombang.

“Video ini viral pada Jumat tanggal 19 April 2019 lalu. Setelah kami telusuri dan lakukan penyelidikan terhadap pemilik akun Tv explore news dengan email [email protected] yang diduga telah mengunggah berita bohong (hoax),” tuturnya.

Lebih lanjut, Azi memaparkan, pelaku merupakan pendukung salah satu paslon Pilpres. Mengetahui situasi politik lagi panas, akhirnya pelaku mengambil salah satu video di medsos kemudian mengedit dengan menambahkan tulisan DIDUGA CURANG EMAK EMAK LABRAK KPU JOMBANG JATIM. Kemudian oleh pelaku diupload untuk menambah panas situasi politik yang lagi ramai dan panas saat ini. “Ini inisiatif dari pelaku sendiri, tanpa ada yang menyuruh. Ia juga mengakui kalau ia pendukung 02,” imbuhnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku bersama barang bukti berupa 1 unit HP Sony Xperia warna hitam dibawa ke Mapolres Jombang untuk penyelidikan lebih lanjut.

Editor : Ahmad Saefullah