Penyandang Disabilitas Ikuti Seleksi Relasi di KPUD Jombang

oleh -

JOMBANG-Penyandang disabilitas mengikuti perekrutan Relawan Demokrasi (Relasi), yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jombang, Selasa (15/01/2019).

Sedikitnya ada 3 peserta penyandang disabilitas dari 128 peserta yang mengikuti tes wawancara yang diadakan KPU. Tes wawancara tersebut berlangsung selama 2 hari, dari mulai hari senin – selasa, dan bertempat di gedung Husni Kamil Manik yang berada di area KPUD Jombang.

Kapala Divisi SDM dan Parmas, Drs. Moh Fatoni mengatakan, KPUD lakukan perekrutan relasi guna meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak 2019, serta mensosialisasikan tentang kepemiluan kepada kelompok masyarakat yang meliputi 10 basis pemilih.

“Nantinya tugas relasi yakni untuk mensosialisasilan tentang pemilu yang terbagi dari 10 basis pemilih. Dari 133 peserta yang mendaftar, 5 diantaranya tidak lolos, sebab tak memenuhi syarat yang ditetapkan KPU,” ucapnya.

Perekrutan ini, lanjut Fatoni, sesuai amanat undang – undang KPU maupun surat edaran KPU RI Nomor 32 tahun 2019, yang melibatkan kaum disabilitas untuk ikut serta jadi bagian dari penyelenggara pemilu. Diantara para peserta ada 3 peserta dari penyandang disabilitas. Mereka dari Pertuni, IPC serta dari guru SLB.

“Kita berharap mereka (kaum disabilitas) bisa mensosialisasikan melalui komunitas – komunitas mereka supaya bisa lebih memahami apa yang disampaikan sesama penyandang disabilitas,” imbuhnya.

“Disitu kan ada 10 sekmen, diantaranya sekmen disabilitas, ya mereka – mereka itu yang nantinya akan ditugaskan di sekmen tersebut,” pungkasnya.

Walau punya keterbatasan fisik, para peserta penyandang disabilitas terlihat sangat bersemangat saat ikuti tes wawancara. Mereka pun tak merasa kesulitan saat tes berlangsung. Sebab petugas KPU sangat antusias dan sabar dalam membantu mereka.

Dari tes atau seleksi, nantinya akan di ambil sebanyak 55 peserta, dan bakal dikontrak KPU selama tiga bulan. Mereka akan mendapatkan upah sebesar 750 ribu tiap bulannya.

Adapun 10 sekmen / basis pemilih tersebut yakni, basis pemilih pemula, keluarga, pemilih muda, disabilitas, komunitas, keagamaan, perempuan, warganet, masyarakat berkebutuhan khusus, dan pemilih marginal. @VIN