Pensiun dari Wagub, Gus Ipul Banting Setir Jadi Petani

oleh -

SURABAYA – Saifullah Yusuf alias Gus Ipul akan mengakhiri masa jabatan sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur pada 12 Februari 2019 mendatang. Setelah itu, Gus Ipul mengaku akan menjadi petani organik.

“Saya akan belajar menjadi petani, seperti petani sayuran. Tapi kalau ada kesempatan politik, tentu kita akan mengabdi,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengaku telah belajar bertani dari temannya. Gus Ipul mengaku juga telah menyiapkan lahan di Kabupaten Pasuruan. “Nanti kami akan mengajak bersama-sama dengan anak-anak muda di Jatim,” ujarnya.

Salah satu alasan Gus Ipul bertani, karena salah satu tantangan yang harus dihadapi yakni ketahanan pangan. Gus Ipul menyayangkan banyak anak muda yang tidak mau menjadi petani.

“Ketahanan pangan ini kaitannya dengan produktivitas petani kita. Banyak anak muda kita yang tidak mau menjadi petani padahal tantangan di dunia pertanian kita sungguh sangat serius,” lanjutnya.

Sementara itu, Gus Ipul juga berpesan kepada anak muda yang ingin menjadi petani. Misalnya jika tak ada lahan, bisa mengembangkan pertanian organik.

“Kalau misalnya nggak punya lahan bisa kita kembangkan pertanian organik yang membutuhkan sedikit lahan. Tapi produksinya cukup bagus asal kita mau rajin, sabar mengikuti sebuah proses yang alami,” kata Gus Ipul.

Editor : Ahmad Saefullah