Pengenalan Profesi Polisi, TK Di Jombang Kunjungi Mapolsek

oleh -

JOMBANG – Guna mengenalkan kepada anak didiknya tentang profesi Polisi, kepala sekolah Taman Kanak Kanak (TK) Muslimat Annur Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno,Kabupaten Jombang berkunjung ke Mapolsek Mojowarno, Kamis (14/03/2019).

“Ini adalah kegiatan pengenalan tentang profesi polisi, agar anak – anak mengerti polisi itu apa dan tugasnya apa,”ucap Ninik, Kepala Sekolah TK Muslimat Annur. 

Ia menambahkan, Tak hanya pengertian tentang tugas polisi, kegiatan ini juga bertujuan supaya anak didiknya tahu dimana kantor polisi serta pengenalan ruang – ruang baik kantor maupun ruangan lainnya yang ada mapolsek. 

“Tadi anak – anak juga di tunjukkan ini ruang kantor apa, ruang ini untuk ngurus apa, bahkan tadi juga ditunjukkan ruangan untuk tahanan. Serta diberi pengertian bahwa polisi itu tidak menakutkan,”imbuhnya. 

Kunjungan tersebut dimulai sekira pukul 08:00 Wib, dengan didampingi guru pembimbing puluhan siswa tersebut datang ke mapolsek dengan menggunakan kereta kelinci atau tayo. Sampai di Mapolsek mereka kemudian dibariskan dan di brifing dengan dipimpin petugas dari kepolisian. Terlihat anak – anak sangat antusias dan tak merasa takut saat mengikuti kegiatan tersebut. 

Wakapolsek Mojowarno, Iptu Darul AS mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut, sebab ini bertujuan untuk menunjukkan sejak dini kepada anak – anak tentang pengertian tugas serta profesi polisi. 

“Dengan pengenalan tugas dan profesi polisi, ini adalah langkah awal supaya anak – anak mengerti tugas polisi seperti apa. Dan bisa menjadi mitra antara polisi, anak – anak serta masyarakat,”ucapnya. 

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk penanaman karakter kepada anak – anak sejak usia dini, supaya terbentuk pribadi yang mandiri di kemudian hari,”pungkasnya. 

Dalam kegiatan tersebut, petugas kepolisian juga memberikan pengarahan tentang peran polisi di masyarakat. Mulai dari memberikan pelayanan kepada masyarakat, mengatur lalu lintas dan melakukan patroli ke Desa – desa dengan tujuan memberikan keamanan serta kenyamanan pada masyarakat. 

Selanjutnya, anak – anak diajak keliling dengan menaiki mobil patroli polisi mengelilingi desa sekitar. Usai berkeliling, kemudian anak – anak tersebut disuruh mewarnai gambar mobil polisi serta gambar polisi. 

Editor. : Rusmiyanto