Pemuda Pancasila : Banyak Konten Negatif di Medsos Sudutkan Pasangan Jokowi-KMA

oleh -

SURABAYA – MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur menyatakan banyak konten negetaif di media sosial yang menyudutkan pasangan Capres Jokowi dan Cawapres KH Ma’ruf Amin (KMA). Konten-konten negatif ini sudah muncul sejak empat bulan pada masa kampanye Pilpres 2019.

Menurut dia, konten-konten tersebut dilakukan dengan cara mendiskreditkan pasangan calon lawan melalui lisan, tulisan hingga audio visual, termasuk membuaty seolah-seolah dibuat oleh calon, meski faktanya tidak pernah ada.
Karena itulah, pihaknya menegaskan perlu mengambil sejumlah langkah, yaitu pengawasan dan pencermatan terhadap platform media sosial, seperti WhatsApp grup, facebook, instagram dan lainnya.

“Setelah mencermati perkembangan kampanye, kami menemukan beragam kampanye berkonten negatif yang mengarah ke pelanggaran, khususnya di media sosial,” ujar Sekretaris MPW Pemuda Pancasila Jatim, M Diar Agus Muslim di sela pernyataan sikap di Surabaya, Kamis (27/12/2018).

“Di sini, kader Pemuda Pancasila mulai tingkat anak ranting harus turut terlibat,” ucapnya.
Selain itu, setiap temuan terhadap konten media sosial yang membuat materi tidak benar terhadap pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin maka harus dilakukan koordinasi dan pelaporan langsung kepada MPC Pemuda Pancasila.

Semua temuan, kata dia, akan diverifikasi dan dikomunikasikan dengan MPW serta LPPH untuk selanjutnya dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masing-masing daerah atau provinsi.
“Setiap bentuk laporan formal harus dikawal oleh semua tingkatan dan menindaklanjutinya. Tapi dengan catatan, setiap temuan harus dicek kebenarannya sehingga akurasi pelaporannya tak diragukan,” katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, dengan mengambil langkah-langkah tersebut maka harapan mewujudkan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Umum Legislatif yang berkualitas akan terpenuhi. @VIN