Pemuda Asal Desa Sapeken Nekad Curi HP di Masjid

oleh -

SUMENEP – Aksi Herman Hidayat (18), warga Dusun Karang Kongo, Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, bisa dibilang nekat. Pasalnya, Herman mencuri handphone (Hp) milik Fery Yahya diparkiran masjid Baitur Rohim di Dusun Mandar, desa setempat.

Pencurian tersebut terjadi pada 5 Januari 2019 lalu, kala itu korban melakukan shalat magrib, sementara Hpnya diletakkan di jok motor dengan dibungkus handuk yang terparkir di halaman masjid.

Namun, setelah selesai shalat, korban yang hendak mengambil Hpnya tiba-tiba sudah raib. “Pada saat itu ada saudara saksi bernama Edy Panca Prastyo, lalu korban memberitahu ke saksi bahwa Hpnya itu hilang,” kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Mohamad Heri.

Kemudian pada tanggal 6 Januari 2019, korban mendatangi salah satu konter Hp milik Syarif Hidayat, didaerah setempat. Lalu sesampainya dikonter tersebut, korban bertanya apakah ada orang memperbaiki atau menjual Hp jenis Vivo Y83. Pemilik konterpun mengaku ada.

Hanya saja pada waktu itu Syarif Hidayat tidak ingin buru-buru untuk memberikan Hp tersebut kepada korban. Syarif memberikan saran agar Dosbuk (wadah) Hp dibawa untuk dicocokkan dengan Imeinya.

“Ketika kembali lagi ke konter itu, Imei yang ada di Hp dengan yang ada di dos itu sama. Lalu korban melaporkan hal ini ke pihak Polsek Sapeken,” terangnya.

Adapun barang bukti seperti handuk ditemukan di sebuah ladang didekat rumah terlapor. Juga kartu sim telepon ditemukan dirumah terlapor.

“Saat ini Herman Hidayat atau tersangka sudah diamankan. Guna penyidikan, Polsek Sapeken menitipkan tersangka di Rutan Mapolres Sumenep,” tandasnya. @VIN