Pemkab Sumenep Bakal Register Empu Keris

oleh -

Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, bakal menerapkan nomor register untuk para pengrajin keris atau empu keris diwilayah setempat.

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, berencana akan memberikan nomor register kepada semua empu keris yang ada di kabupaten berlambangkan kuda terbang ini.

“Ini bagian dari kepedulian pemerintah kepada empu keris. Dengan diberi nomor register nanti semua empu akan terdaftar,” kata Kepala Disparbudpora Sumenep, Carto.

Setelah empu memiliki nomor register, kata Carto mereka akan diberikan semacam piagam dan akan diletakan di Museum Keraton. “Nanti akan diletakan di museum beserta contoh hasil kerajinan mereka,” jelasnya.

Selain bakal diberikan nomor register kata dia, para empu di Sumenep juga akan ditampilkan pada acara perayaan hari jadi Sumenep ke 750 tahun 2019.

“Nanti ada sekitar 750 empu yang juga ikut tampil dalam perayaan hari jadi. Jumlah itu sesuai dengan umur Kabupaten Sumenep yang telah mencapai 750 tahun,” terang dia.

Jumlah empu keris di Kabupaten Sumenep hingga saat ini berjumlah ratusan. Mereka tersebar di Kecamatan Bluto, Saronggi, dan Lenteng, terbanyak berada di Desa Aeng Tong Tong. Bahkan saat ini Desa Aeng Totong Tong dijadikan sebagai satu-satunya desa wisata di Sumenep.(Noe)