Pemkab Sampang Gelar Festifal Lagu Nuansa Madura Guna Perkuat Budaya

oleh -

SAMPANG – Pagelaran festival lagu perjuangan nuansa madura Th 2019 yang digelar oleh Dinas Pemuda Olah raga Budaya dan Parwisata (Disporabudpar) di halaman pasar margalela Jl Syamsul arifin kelurahan polagan Sampang berlangsung meriah, dari pagelaran tersebut generasi penerus diharapkan dapat melestarikan budaya lokal khususnya bahasa daerah madura.

Festival tersebut di ikuti oleh kalangan pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar (SD), sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP), dan sekolah menengah umum (SMU) se kabupaten sampang, dan bagi pemenang festival tersebut pemerintah kabupaten sampang menyediakan sejumlah tropi dan uang pembinaan.

Kepala dinas pemuda olahraga budaya dan periwisata (Disporabudpar) Aji Waluyo dalam sambutannya menyampaikan sebelum pagelaran festival ini digelar pemerintah kabupaten sampang melalui OPD terkait sudah menyeleksi sejumlah peserta yang sudah mendaftarkan diri pada jum’at (29/03/2019) kemarin dikantor disporabudpar kabupaten sampang. Sedangkan tujuan dari festival tersebut yaitu untuk melestarikan budaya madura sekaligus mencetak penyanyi berbakat nuansa lagu madura.

“Tujuan kegiatan ini yaitu untuk melestarikan budaya Madura dan melahirkan bibit baru sebagai penyanyi berbakat yang bernuansa Madura,” ujarnya.

Sementara pemerintah kabupaten sampang melalui sekretaris daerah (Sekda) Puthut Budi Santoso sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebab di akui atau tidak budaya lokal khususnya budaya madura hampir punah dengan banyaknya budaya luar yang sudah mempengaruhi kalangan pemuda.

“Buktinya seperti bahasa madura yang digunakan kita setiap hari seperti bahasa “engghi bhunten” sangat minim digunakan dan hampir tidak kita dengar apalagi di sekolah bahasa tersebut hampir tidak diminati oleh siswa,” Ucapnya.

Kemudian ia berharap dari festival tersebut budaya lokal khususnya bahasa madura mendapatkan porsi yang maksimal untuk memperkuat karakter dan chiri khas dengan mengenalkan lagu nuansa madura.

Berdasarkan penilaian tim Juri pada Grand Final Festival Lagu Perjuangan Bernuansa Madura tahun 2019 Tingkat sekolah SD/MI juara I diraih oleh Fathur Rosi asal SDN Dalpenang I Sampang, juara II diraih oleh Khairun Nisa’ asal SDN Karang Dalam I Sampang, dan juara III diraih oleh Yulis Andini asal SDN Rongtengah I Sampang

Kemudian tingkat sekolah SLTP/MTs juara I diraih oleh Tilawatil Qurani asal sekolah SMPN I Sampang, juara II diraih oleh Indah asal sekolah SMPN III Sampang dan juara III diraih oleh Rofika Putri Ayu asal sekolah SMPN I Sampang

Sedangkan untuk tingkat SMA/MA/SMK juara I diraih oleh Sahwan asal sekolah SMAN I Torjun, juara II diraih oleh Siti Nurhaliza asal sekolah SMAN I Sampang dan juara ke III diraih oleh Regita Putri asal sekolah SMAN II Sampang. 

Editor.  :  Rusmiyanto