Pemkab Jombang Akhirnya Setuju Dengan Perekrutan PPPK

oleh -

JOMBANG – Pegawai honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHK2I) akhirnya bisa tersenyum lebar, sebab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menyetujui adanya rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K). 

Persetujuan tersebut menyusul setelah digelarnya hearing antara Komisi A DPRD Jombang, perwakilan honorer Kategori 2 (K2) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jombang, yang berada di ruang rapat Komisi A, pada Jum’at (15/02) pagi kemarin.

Ketua Komisi A DPRD Jombang, Cakup Ismono memaparkan, bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan bertemu dengan tim Banggar untuk menganggarkan kebutuhan gaji P3K sesuai dengan jumlah formasi yang akan dibuka. 

“Secepatnya kita akan bahas masalah ini dengan pihak yang terkait, sebab hal ini merupakan kebutuhan yang sangat mendesak dan harus segera dianggarkan,”ucap Cakup, usai acara hearing. 

“Anggaran APBD 2019 kan sudah ditetapkan jadi kita anggarkan pada 2020. Karena formasi yang rencana dibuka sebanyak 474 posisi, dan itu membutuhkan dana tak sedikit,”ujarnya. 

Terpisah, Kepala BKD Jombang, pernah mengutarakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordiansi dengan Pemerintah Pusat tentang penganggaran dan regulasinya. Sehingga pendaftaran tenaga P3K khusus dari honorer K2  akan dilakukan tahun ini pada tahap satu. 

“Kami telah berkoordinasi dengan BKN dan Kemmenpan RB pada prinsipnya memang mengalami pergeseran terutama terkait dengan beberapa tahapan dan penganggarannya. Namun, tahun ini kita tetap buka rekrutmen untuk pengadaan P3K. Dengan jumlah 474 posisi yang terdiri dari tiga komponen yakni, tenaga kesehatan, tenaga pendidikan dan petugas PPL pertanian,”ucapnya. 

“Ini nantinya terbagi dalam dua tahapan sesuai dengan amanat PP 49, tahap pertama adalah untuk tenaga khusus dan tahap kedua untuk yang umum,”imbuhnya. 

Dalam hearing tadi, puluhan tenaga honorer K2 juga hadir namun sebagian hanya berkumpul di halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jombang. 

Sebelumnya, pada tanggal (11/02) kemarin, puluhan tenaga honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHK2I), menyerbu kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jombang. Lantaran  tidak adanya perekrutan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) bagi pegawai honorer K2 oleh Pemkab Jombang. 

Editor.  :  Rusmiyanto