Pemkab Bondowoso Gelar Rakor Pengamanan Pilkades

oleh -

Bondowoso: Pemrintah Kabupaten Bondowoso menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Polres setempat menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Bondowoso pada 12 Desember 2019 mendatang. Rapat yang dilaksanakan di Aula Mapolres Bondowoso tersebut, dipimpin langsung oleh Wakapolres Bondowoso dan dihadiri oleh, Wadankie Brimob Kompi 3 Den B Polda Jatim, Iptu Agus Hari Widodo, Kepala DPMD Abdurrahman, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bondowoso Achmad Prajitno serta Muspika yang wilayahnya masuk dalam daftar pelaksanaan Pilkades serentak.

Sekertaris Daerah (Sekda) Bondowoso, Syaifullah, mengatakan Pelaksanaan rakor dimaksudkan untuk memetakan persoalan Pilkades. Mulai dari tingkat kerawanan, desa-desa yang berpotensi rawan konflik, kemudian model pengamanan yang rencananya akan dilakukan secara berjenjang.

“Insyallah kita sampai tanggal 12 Desember nanti terus antisipasi. Intelejen dari TNI, Polisi terus bergerak untuk memantau Pilkades serentak ini dan Komando pengamanan ini dari Polres,”Ujarnya. Sabtu 30 November 2019.

Ia menambahkan, dengan diadakannya rakor tersebut, semua pihak dapat mempersiapkan pengamanan Pilkades, upaya antisipasi dan menjaga kekondusifan di wilayah Bondowoso. Mulai dari tahapan pelaksanaan, sebelum, maupun sesudah pemilihan kepala desa.

“Serta saya harapkan seluruh Kepala Dinas hingga jajarannya di tingkat bawah turut ambil bagian dalam mensukseskan Pilkades serentak ini,” Imbuhnya.

Masih menurut Syaifullah, upaya ambil bagian tersebut yakni dengan cara terus melakukan update informasi di daerah yang masuk dalam tahapan pilkasdes. “Mulai H – 5 , satu atau dua jam pihak desa untuk memberikan informasi kondisi di lapangan. Tapi insyallah dalam kondisi aman,”Pungkasnya.(Noe)