Pemkab Bondowoso Ajukan Rp2,8 milliar Ke Pemprov Untuk Relokasi korban Banjir Bandang

oleh -
Arumi saat mengunjungi Korban banjir bandang di Bondowoso
Arumi saat mengunjungi Korban banjir bandang di Bondowoso

BONDOWOSO-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengajukan anggaran ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur sekitar Rp 2,8 milliar untuk relokasi dan pembangunan rumah warga korban banjir bandang di Kecamatan Ijen pada Januari 2020 lalu.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Syaifullah, ada sekitar 45 rumah warga yang nantinya akan direlokasi ke lahan milik Perhutani.

“Kami mengajukan lagi Rp 2,8 millar ke Provinsi, warga yang rumahnya hendak direlokasi berada di pinggiran sungai. Karena itulah, mereka tak mau lagi menempati kawasan itu, khawatir terjadi banjir bandang lagi, Karena itulah kita akan merelokasi” katanya, Rabu (26/2/2020).

Sebelumnya, pihaknya juga mendapat bantuan anggaran sekitar Rp 3,8 milliar dari Pemprov, untuk pembangunan tangkis atau bronjong, operasional kegiatan, serta bantuan dapur.

“Kita sudah dibantu Rp 3,8 milliar. Maka kita mengajukan lagi Rp 2,8 m untuk pembangunan rumah relokasi. Yang Rp 3,8 milliar itu untuk pembangunan tangkis atau bronjong dan operasional kegiatan kemarin, sama bantuan dapur kemarin” ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso berupaya menyediakan 38 rumah bagi warga terdampak banjir bandang yang melanda Kecamatan Ijen, beberapa waktu lalu. Upaya ini dilakukan bagi warga yang rumahnya berada di pinggiran sungai, khususnya di Dusun Kampung Baru, Desa Kalisat.

Syaifullah mengungkapkan bahwa diperlukan biaya sekitar Rp 1,75 milliar untuk 38 rumah warga yang rumahnya rusak karena banjir. Dengan rincian pembangunannya diperkirakan menghabiskan sekitar Rp 40 juta hingga Rp 50 juta.

“Mereka tak mau lagi menempati, mereka trauma, dan hampir tiap tahun itu terjadi, dan yang paling parah hari ini. Itu menjadikan mereka minta perlindungan ke kita, kalau Perhutani menginjinkan, kami akan mencari dana ke pusat atau Provinsi” pungkasnya.

VIN