, ,

Pemda Jombang kembali laksanakan program Bulaga

oleh -

JOMBANG: Pemerintah Kabupaten Jombang kembali menggelar program Bupati Layani Warga (Bulaga) di Balaidesa Janti Kecamatan Mojoagung. Program tersebut merupakan inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh pemkab Jombang guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Bupati Jombang, Hj Munjidah Wahab menjelaskan, pelaksanaan program bulaga ditengah pandemi covid-19, berbeda dengan sebelumnya, yakni dengan mengedepankan protokol kesehatan. Mulai dari pemberlakuan wajib menggunakan masker bagi para warga serta physical distanting.

“Terkait waktu pelaksanaan program Bulaga yang biasanya dilaksanakan dalam satu hari hingga seluruh pemohon terlayani, Untuk saat ini dilaksanakan dua hari dengan kuota terbatas, dan pelayanan dibatasi hingga pukul pukul 11.00 WIB,”Ujarnya saat ditemui disela-sela kegiatan. Kamis, 24 September 2020.

Pembatasan kuota yang dilakukan Yakni dengan cara mengirimkan undangan kepada setiap warga yang ingin melakukan kepengurusan pelayanan di program Bulaga, melalui pihak desa.

“Pelayanan masyarakat yang ada dalam program Bulaga yakni meliputi kependudukan, kesehatan, serta perpajakan. Sedangkan untuk program yang paling diminati yakni administrasi kependudukan yang disediakan oleh dispendukcapil dalam satu hari bisa sampai 400 pelayanan yang dilakukan,”Imbuhnya.

Masih menurut Bupati, dengan adanya program Bulaga ini diharapkan masyarakat dapat dimudahkan dalam berbagai hal pelayanan yang ada di Kabupaten Jombang. “Dalam Program ini, semua bisa dilayani distand-stand yang ada hingga selesai pada hari tersebut,”Tandasnya.

Terpisah, program bulaga mendapatkan apresiasi dari warga salah satunya, Jamirohman, mengatakan bahwa dalam kepengurusan akta kelahiran  anaknya hanya perlu waktu 15 menit.

“Program ini Sangat membantu karena di program ini bisa langsung jadi dan selesai, Kebetulan kami sudah mulai mengurus surat perpindahan dari Lamongan menuju ke Jombang sejak satu bulan yang lalu dan hari ini ke sini untuk mengurus akta kelahiran anak dan langsung jadi,”Tegasnya. NOE