Pelanggar Lalin Disanksi Hafalkan Pancasila di Jombang.

oleh -

Jombang – Belasan pelajar yang terjaring dalam razia stasioner yang dilakukan oleh  Satuan lalu lintas Polres Jombang, diberikan sanksi berupa menghafal dan Melafalkan pancasila di Bundaran Ringin Contong Jombang.

Kanit Patroli Satlantas Polres Jombang Ipda M Zahri, mengatakan sanksi tersebut diberikan untuk memperingati hari kesaktian pancasila yang jatuh pada 1 Oktober setiap tahunya.

“Selain itu para pelanggar juga jika berikan sanksi  menyanyikan lagu indonesia raya,” ujarnya saat ditemui usai razia di Pos Polisi 904 Ringin Contong Jombang. Senin 1 Oktober 2018.

Sanksi tersebut diberikan kepada pelanggar yang kedapatan tidak bisa menunjukan surat kelengakapan berkendara.

sementara itu, Pantauan dilokasi para pelanggar yang terjaring razia nampak pasrah karena tidak mampu menunjukam Surat kelengkapan berkendara. dan mereka langsung disanksi dengan menghafal dan melafalkan pancasila tepat di Depan Pos 904 Ringin Contong.

“Saya belum memiliki SIM. Beruntung saya tidak ditilang. Hanya diminta menghafal Pancasila,” ujar Alfanaia Hartanti (19), warga Kecamatan Peterongan, yang mendapat sanksi tersebut.

Dalam razia tersebut, ia dihentikan petugas lantaran usai menjemput adiknya sekolah. karena tidak memiliki surat ijin mengemudi dan adiknya yang ia bonceng juga tidak memakai helm, ia akhirnya dikenakan sanksi tersebut.

“Bersyukur banget nggak sampai ditilang, dan hafal pancasila,” pungkasnya. (Bay)