Pegiat Seni Jember Galang Donasi untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

oleh -

JEMBER – Para pegiat seni dari berbagai latarbelakang seperti mahasiswa, aktivis, dan seniman di Jember berkolaborasi menggelar konser amal untuk aksi kemanusiaan korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya.

Gelaran konser bertajuk Seruanku untuk Alamku ini menampilkan band indie, live painting, dan pembacaan puisi menghibur warga yang sedang menikmati makan malam di Pujasera Tamara Resto, Jl. PB. Sudirman 45 Jember, Minggu malam 7 Oktober 2018.

“Ini untuk menggalang donasi untuk saudara kita di Palu dan Donggala, kita gelar pementasan ini,” ujar Ketua Panitia, Wiviano Rizky Tantow, Minggu 7 Oktober 2018 malam.

Vian sapaan akrabnya, menambahkan aksi kemanusiaan ini sengaja digelar di tempat makan, karena menurutnya selama ini dia melihat penggalangan dana di perempatan jalan itu berbahaya. Di samping itu dia menilai bahwa warga masih enggan untuk berdonasi karena takut disalahgunakan.

“Hasil donasi akan kami salurkan langsung melalui teman-teman relawan SAR Organisasi Pecinta Alam (OPA) Jember yang bertugas di sana,” tambahnya.

Selain konser musik, ada juga para pecinta kopi yang tergabung dalam Jember Koffiesta menjual aneka macam kopi khas Jember, juga Komunitas Perupa Jember menjual lukisan dimana sebagian hasil dari penjualan tersebut juga didonasikan untuk aksi kemanusiaan ini.

“Temen-temen Jember Koffiesta kali ini turut hadir dalam aksi donasi, dimana para prosesor kopi memberikan diskon yang disumbangkan untuk aksi kemanusiaan,” terang Istono Asrijanto dari Jember Kofiesta.

Istono menambahkan bahwa selain untuk tujuan kemanusiaan, Jember Koffiesta memanfaatkan acara ini untuk memperkenalkan kopi khas Jember kepada para pengunjung.

“Kali ini dari Jember Kofiesta menyajikan 11 jenis kopi khas Jember, seperti kopi argopuro, mandigu, sukma elang, dan mulai dari arabica, liberica, ada semua,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Saefullah