PAT Berbasis Komputer Sebagai Simbol Kemajuan Perkembangan Pendidikan

oleh -
Caption: Sejumlah Kepala Madrasah menggelar musyawarah terkait PAT Berbasis Komputer (Musyviq/Kabarjatim)
Caption: Sejumlah Kepala Madrasah menggelar musyawarah terkait PAT Berbasis Komputer (Musyviq/Kabarjatim)

SUMENEP – Menghadapi ujian madrasah, para kepala madrasah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep, mulai melakukan sejumlah persiapan.

Termasuk salah satunya dengan menggelar musyawarah tentang kesiapan menghadapi ujian dengan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Kabupaten Sumenep. Musyawarah tersebut bertempat di lembaga pendidikan Nurul Ulum, Patapan, Guluk-Guluk.

Pada pertemuan kali ini diharapkan mampu menghasilkan sebuah keputusan yang nantinya bisa memberikan kontribusi baik demi keberhasilan pelaksanaan ujian madrasah.

Hal itu disampaikan oleh Kiai Achmad Fathorrosi selaku Ketua K3MI Kecamatan Guluk-Guluk bahwa, memberikan dorongan atas terselenggaranya ujian madrasah yang baik dan maksimal. Sehingga perlu adanya terobosan-terobosan baru yang harus digagas.

“Upaya yang akan dilakukan adalah bagaimana perkembangan sistem ujian di tingkat madrasah mengalami peningkatan kebaikan, seperti memulai dengan berbasis komputer,” jelasnya.

Pada tahun ini, lanjut dia, semua lembaga pendidikan yang berada di Kecamatan Guluk-guluk akan mengubah dari Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis Kertas ke Penilaian Akhir Tahun (PAT) Berbasis Komputer. Hal ini dipandang lebih nyaman dan efektif untuk skala madrasah. Apalagi kedepan semua pendataan berbasis digital.

“Iya, kami sepakat mengubah dengan beberapa pertimbangan yang telah kami musyawarah,” jelasnya.

Bahkan pihak PPAI sendiri telah menyepakati hasil musyawarah tersebut. “Kami telah menyepakati semua keputusan dan ini pertama kalinya, PAT berbasis komputer di kecamatan Guluk-guluk” Kata Pengawas dari PPAI Kabupaten Sumenep, Nurul Hidayat. VIN