Pasca ASN Tertangkap Nyabu, Polres Jombang Lakukan Tes Urine di Kantor Satpol PP

oleh -
Suasana Test Urine
Suasana Test Urine

JOMBANG– Menyusul tertangkapnya oknum ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemkab Jombang terkait sabu-sabu, Polres Jombang menggelar tes urine di Kantor Satpol PP Pemkab Jombang. Hal ini dilakukan untuik mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba.

Kepala Seksi Sumber Daya Aparatur Satpol PP Jombang, Asnan, mengatakan tes urine ini sifatnya wajib. Kami sebagai ASN setidaknya bisa memberikan contoh bagi ASN lainnya dan masyarakat.

“Kami berharap, agar kejadian anggota yang menggunakan narkoba ini tidak terulang lagi. Bagi anggota yang belum mengikuti tes urine, akan tetap kita lakukan tes saat mereka kembali dinas,” ucapnya, Rabu 28/08/19.

Sementara, saat disinggung mengenai nasib salah satu anggotanya yang terjerat kasus narkoba yakni Yogi Prima Setyawan, Asnan enggan memberikan komentar.

Terpisah, Kasat Reskoba Polres Jombang, AKP. Moch Mukid menjelaskan, dari 68 petugas dan pegawai yang melakukan tes urine, tak satupun yang terindikasi menggunakan narkotika. Hasilnya semuanya negatif.

“Hasilnya semua negatif, tidak ada yang terindikasi menggunakan narkotika. Hal ini tentu saja dilihat dari hasil uji strip test (rapid test strip) yang digunakan, yaitu semua menunjukkan munculnya 2 garis,” terangnya.

Ia menambahkan, strip test ini akan mendeteksi kandungan narkoba dengan tiga parameter, yakni Marijuana (THC), amphetamine (AMP) dan Morphine (MOP) Sehingga hasilnya dapat diketahui secara langsung dan terbuka.

“Dengan alat ini hasilnya langsung kelihatan dalam semenit. Untuk petugas yang hari ini belum mengikuti tes, maka akan kami tes di Polres,” pungkasnya