Pasar Candi Sumenep Terbakar, Kerugian Pedagang Capai Rp2,5 Milyar

oleh -

Sumenep – Pasar Candi, yang berlokasi di Desa Candi, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, habis dilalap api. Akibatnya, kerugian yang dialami para pemilik kios mencapai 2,5 Milyar.

Berdasarkan keterangan saksi mata, kebakan pasar tradisional tersebut terjadi berawal dari salah satu kios milik Mohamad Aliyanto yang mengeluarkan asap disertai api.

Saksi yang bernama Sinok, warga Desa Batang-batang Laok, Kecamatan Batang-batang itu kemudian segera melakukan kordinasi dengan pihak pemerintahan desa setempat.

Namun, api yang sudah mulai membubung tinggi itu tidak bisa dihelai. Sehingga, kios-kios milik para pedagang harus ludes terbakar.

“Barang dagangan milik pedagang sebagian terselamatkan. Selanjutnya sambil menunggu pemadam kebakaran dari Sumenep para pemilik kios sempat mencoba memadamkan kepulan api itu, tapi api tetap menjalar,” kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti.

Tak habis disitu lanjut Widi, setelah pemadam kebakaran tiba dilokasi, masih belum mampu memadamkan api yang sudah menjalar ke beberapa kios lainnya. Sehingga pihak pemadam kebakaran juga meminta bantuan ke pihak pemadam kebakaran dari Kabupaten Pamekasan.

“Pemadam kebakaran dari Pamekasan datang ke lokasi dan langsung memadamkan api dari arah pintu masuk, sehingga setelah adanya beberapa pemadam kebakaran ini mulai menyusut,” jelasnya.

Beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya saja, kios yang terbakar mencapai 86. “Atas kejadian itu diperkirakan kerugian total sekitar Rp2,5 Milyar,” tandasnya.

VIN