Pakar Peternakan Australia Hadir Pada Festial Ternak Poncogati

oleh -
Prof. Dennis Poppi, pakar peternakan dari Queensland University,
Prof. Dennis Poppi, pakar peternakan dari Queensland University,

JEMBER– Gelaran Festival Ternak Poncogati yang diselenggarakan di Bondowoso, turut menghadirkan pakar perternakan dari Queensland University. Kedatangan pakar tersebut, dalam rangka peneliatian komposisi pakan ideal, yang bisa digunakan untuk peternak di Bondowoso.

“Kontes ternak seperti kontes sapi ini juga sering diadakan oleh peternak di Australia. Kegiatan seperti ini dapat menjadi sarana bagi para peternak untuk saling bertukar pengalaman dan saling belajar. Satu hal lagi, adanya kontes membangun kebanggaan sebagai seorang peternak,” ujar Prof. Dennis Poppi, pakar peternakan dari Queensland University, dari siaran pers Universitas Jember. Senin (30/7/2018).

Lanjut Dennis, selama dirinya berada di Bondowoso, pula daerah sekitarnya, dirinya yakin bila nanti Bondowoso dan wilayah sekitarnya akan menjadi penghasil ternak utama di Indonesia. Ia juga memberi apresiasi pada kontes sapi yang diselenggarakan dalam rangakaian acara festival ternak poncogati.

“Bondowoso dan wilayah Besuki Raya memiliki potensi sebagai daerah penghasil ternak utama di Indonesia. Oleh karena itu dirinya mendukung kegiatan kontes sapi seperti yang diadakan oleh Pemkab Bondowoso dan Universitas Jember diadakan secara teratur,” Imbuhnya.

Untuk diketahui, Festival Ternak Poncogati juga menggelar berbagai lomba, antara lain lomba mewarnai bagi siswa TK dan SD bertema hewan ternak, serta lomba masak bakso dan sate dengan bahan daging sapi. Berbagai perlombaan yang digelar bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap ternak semenjak dini, dan merangsang kreativitas dalam mengolah hasil ternak.

Sementara itu, kontes ini diikuti oleh 144 ekor sapi yang turun di tujuh kategori yakni kategori sapi pedhet jantan, sapi pedhet betina, sapi calon kereman, sapi kereman, sapi calon induk, sapi induk, dan sapi kereman berbobot ekstrem. Terpilih sebagai juara umum dalam kontes sapi 2018, kontingen Kecamatan Grujugan Bondowoso. @VIN