Pakai Pengaman Leher, Siswa SMP Di Jombang Ikuti UNBK

oleh -

JOMBANG – Albama Ahmad, Seorang siswa dengan semangat tinggi. Walaupun ia dalam kondisi sakit namun tak menyurutkan niatnya untuk ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berada di tempat ia belajar yakni di SMPN 1 Mojowarno, Kabupaten Jombang, Senin 22/04/19.

Siswa tersebut berasal dari Dusun Mojogeneng, Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Ia masih dalam perawatan karena sakit yang ia derita selama kurang lebih dua bulan yang lalu. 

Albama menderita kelumpuhan pada sebagian tubuh sebelah kanan akibat saraf yang berada di belakang lehernya mengalami masalah. Hal itu dikarenakan usai dirinya mengalami kecelakaan lalu lintas. 

Kepala Sekolah SMPN 1 Mojowarno, Yoni Trijoko Kurnianto mengatakan, siswanya masih dalam perawatan usai jalani operasi saraf di belakang leher. Separuh tubuhnya bagian kanan mengalami kelumpuhan, sehingga masih sulit untuk bergerak. 

“Habis jalani operasi setelah kecelakaan, ini sudah mendingan, sudah bisa berjalan. Waktu habis kecelakaan ia lumpuh tidak bisa bergerak sehingga tak bisa mengikuti pelajaran,” terangnya. 

Ia merupakan, lanjut Yoni, siswa yang baik dan seorang pelajar yang pendiam. Semangat belajarnya sangat tinggi. Saat ini keadaannya sudah agak pulih, bisa berjalan walaupun agak tertatih – tatih. 

“Alhamdulillah kondisinya sudah lumayan, jadi ia bisa ikuti ujian ini. Tadi di antar sama orang tuanya dan di tunggui hingga pulang. Semangatnya luar biasa walau tangan dan kakinya masih sulit digerakkan,” imbuhnya. 

Sementara, Kegiatan UNBK di SMPN 1 Mojowarno di ikuti sebanyak 269 siswa dan dibagi dengan 3 ruangan serta 3 sesi, untuk sesi pertama dimulai pukul 07:30 hingga 09:30 Wib, sesi 2 pukul 10:30 sampai 12:30 Wib, sedangkan sesi terakhir pukul 14:00 hingga 16:00 Wib. 

UNBK di tingkat SMP/Mts digelar selama 4 hari mulai 22 – 25 April 2019. Terdapat empat mata pelajaran yang diujikan dimulai dari Bahasa Indonesia, kemudian hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan Hari terakhir yakni IPA. Sedangkan, untuk jadwal ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 April mendatang.

Editor.  : Rusmiyanto