Pagelaran Bondowoso Megalitikum,Wahana Edukasi Menjaga Nilai-Nilai Budaya

oleh -

BONDOWOSO – Demi melestarikan Budaya lokal Bondowoso,Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso menggelar Bondowoso Megalitikum di Alun-alun Bondowoso,Jum’at (27/9/2019) Malam.

Berbagai kesenian tari tradisional dan beberapa kesenian lainnya ditampilkan dalam acara tersebut yang mengkolaborasiakan antara kesenian tradisional dan kesenian modern.

Pagelaran Bondowoso Megalitikum dibuka langsung oleh Bupati Bondowoso KH.Salwa Arifin dengan tandai pemukulan Gong.

Dalam sambutannya Bupati Salwa mengungkapkan bahwa di era modern seperti saat ini, kita harus terus melestarikan budaya peninggalan para leluhur.

“Sebagai masyarakat Bondowoso harus sepatutnya bisa menjaga dan mampu melestarikan budaya kita,pagelaran ini diharapkan menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motifasi kita dalam upaya mengembangkan nilai-nilai budaya kita,” kata Bupati dalam sambutannya.

Dirinya juga menyebutkan bahwa pagelaran budaya tersebut harus kita laksanakan agar nilai-nilai budaya positif yang sudah diwariskan oleh para leluhur-leluhur kita  tidak luntur dan sirna oleh budaya-budaya luar.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H.Harimas mengatakan bahwa pagelaran tersebut diharapkan mampu menyuguhkan sebuah tampilan yang bisa ditonton oleh segala segmen.

“Pagelaran ini kita laksanakan agar masyarakat Bondowoso mengetahui dan mengenal apa saja budaya Bondowoso. Saya berharap Masyarakat Bondowoso tidak hanya sebagai penikmat saja,akan tatapi menjadi pelaku seni budaya untuk menarik semua wisatawan berkunjung ke Bondowoso.

Dalam pagelaran seni budaya Bondowoso Megalitikum menampilkan beberapa kesenian tari tradisional seperti,Tari Topeng Konah,Glundang,Karawetan dan tari Kroncong.