OTT Pungli Dispenduk Jember, Polisi Tetapkan Dua Tersangka

oleh -

JEMBER – Tim Saber Pungli Polres Jember menetapkan MK sebagai tersangka kasus pungutan liar dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Tersangka langsung dibawa dan dititipkan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Jember pada Kamis (1/11/2018) malam.

Kuasa Hukum MK, Eko Imam Wahyudi mengatakan, kliennya ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan di Lapas Jember.

“MK setelah menjalani pemeriksaan dari hari Rabu malam kemarin dan akhirnya ditetapkan sebagai tersangka, malam ini klien saya dititipkan ke Lapas,” ujarnya saat dikonfirmasi di Lapas kelas II A Jember.

Selain MK, Polres juga telah menetapkan salah seorang pejabat Dispenduk sebagai tersangka dalam kasus dugaan pungli tersebut. “Infonya yang saya dapat ada satu lagi yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Tapi saya gak tahu namanya, cuma itu dari Dispendukcapil,” imbuhnya.

Namun dari keterangan tersangka, menurut Imam uang sebesar Rp10,1 juta merupakan pinjaman yang akan diberikan kepada Kadispenduk untuk keperluan perjalanan dinas.

“Hasil pemeriksaan tadi bahwa pengakuan tersangka uang yang ditemukan penyidik sekitar Rp10 juta itu bukan uang gratifikasi atau suap. Tetapi itu merupakan pinjaman pribadi MK kepada Kadispenduk. Pinjaman tersebut diperuntukkan perjalanan dinas Kadispenduk, karena perjalanan dinasnya belum cair,” ungkap Imam.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi dari Polres Jember terkait penetapan dua orang tersangka dan penahanan MK.

Editor: Ahmad Saefullah

Tentang Penulis: ANGGA MILANISTI

Gambar Gravatar
Angga Jember