Ombudsman Buka Gerai Pengaduan Masyarakat di Festival HAM Jember

oleh -

JEMBER – Ombudsman Republik Indonesia membuka gerai sosialiasi edukasi dan konsultasi pengaduan pelayanan publik pada acara Festival Hak Asasi Manusia 2019.

Berlokasi di Alun-Alun Kabupaten Jember, gerai sosialisasi dan konsultasi pelayanan publik Ombudsman beroperasi pada 19-21 November.

“Ombudsman hadir sejak kemarin (Selasa) sampai besok Kamis, besar harapan kami warga Jember yang ingin mengetahui tentang Ombudsman dan ingin menyampaikan keluhan/pengaduan pelayanan publik, untuk datang langsung ke stand kami,” ujar Asisten Ombudsman RI, Indra.

Dia berharap kepada seluruh warga Jember untuk datang ke stand Ombudsman guna menyampaikan keluhan, pengaduan, ataupun sekedar konsultasi mengenai pelayanan publik.

Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu bentuk proaktif Ombudsman dalam menjawab kebutuhan publik dengan melakukan ’jemput bola’ bertatap muka dan mendengarkan aspirasi publik khususnya masyarakat Jember dan sekitarnya.

Selain dapat mengenal Ombudsman lebih dalam, publik setempat juga dapat berkonsultasi mengenai pelayanan publik, maladministrasi, serta membuat laporan secara resmi kepada Ombudsman.

Prosedur Laporan kepada Ombudsman sangat mudah. Masyarakat cukup menyampaikan kronologi Laporan, bukti/keterangan telah berupaya kepada pihak Terlapor/terkait, dan menyertakan kartu identitas. Tentunya tanpa dipungut biaya atau gratis.