Nyamar Jadi Petugas, Dua Pria Curi Kabel Telkom

oleh -

JOMBANG – Dua pelaku pencurian kabel Telkom berhasil diringkus oleh unit Reserse Kriminal Polsek Diwek saat tengah menjalankan aksinya di Desa Kedawung, Jombang. Guna memuluskan aksinya kedua pelaku menggunakan seragam pegawai Indihome.

Dari data yang berhasil dihimpun, dua pelaku yakni, Eko Susanto (31), Warga Dusun Kemambang, Kecamatan Diwek dan Ahmad Abu Naziq (31), warga Desa Diwek.

Kapolsek Diwek, AKP Bambang Setyo Budi mengatakan, tertangkapnya para pelaku berkat kejelian petugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) saat melihat petugas telkom tengah bekerja di malam hari dengan alasan ada ganguan jaringan.

“Benar saja setelah diminta untuk menunjukan surat tugasnya para pelaku kelabakan dan akhirnya kita amankan di Mapolsek Diwek,”ujarnya saat ditemui di Mapolsek Diwek, Jumat (18/1/2019).

Dalam melancarkan aksinya, para pelaku memotong kabel menggunakan gergaji besi dan alat pemotong. Mereka juga mengelabui masyarakat dengan mengenakan seragam petugas Indihome.

“Dari keterangan para pelaku, seragam tersebut didapat saat masih berkerja di salah satu rekanan Telkom yang ada di Kabupaten Jombang, dan berdasarkan pengakuan dari pelaku juga bahwa aksi ini pertama kali dilakukan,” imbuhnya.

Masih menurut Bambang, saat ini kedua pelaku beserta barang bukti kabel telkom sepanjang 200 meter diamankan di Mapolsek Diwek guna proses lebih lanjut. “Kejadian pencurian kabel Telkom bukan kali pertama di Kecamatan Diwek, sebelumnya juga terjadi di Desa Kayangan, untuk itu masih kita lakukan pengembangan,” ujarnya.

Pelaku akan dijerat dengan pasal 363 dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh juta rupiah.

Editor: Ahmad Saefullah