Ngopi Bareng Warga, Didik Mukrianto Pastikan Pemberdayaan Masyarakat Tuban

oleh -

TUBAN – Kemiskinan bukanlah alasan atau pengahalang bagi seseorang untuk meraih masa depan yang lebih baik, dengan dilandasi niat, kemauan, usaha, kejujuran dan doa, maka akan terbuka seribu jalan untuk meraihnya.

Demikian ungkapan H. Didik Mukrianto SH, MM, Anggota Komisi III DPR RI, saat menghadiri undangan ngopi bareng warga, di Desa Sokogunung, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban. Sabtu (23/02/2019) malam.

Selain bersilaturahmi dan memberikan motivasi untuk melawan keterbatasan, dalam kesempatan bertatap muka dengan warga tersebut, Didik juga berdialog untuk mendengar serta menyerap apa yang menjadi aspirasi mereka.

Terlebih perihal pemberdayaan masyarakat kecil menengah, politisi Partai Demokrat itu memastikan bahwa warga masyarakat Tuban akan mendapat ilmu beserta metode pasti dalam pengelolaannya.

” Konsep pemberdayaan itu salah satunya adalah bagaiamana menghadirkan sebuah pemanfaatan bagi masyarakatnya. Tentu, solusi buat masyarakat adalah sesuatu yang harus pasti kita hadirkan, ” kata Didik

Ditambahkannya lagi, konteks pemberdayaan yang ingin diterapkan di Tuban agaknya tak jauh beda dengan konsep terapan yang sudah berlangsung di kabupaten tetangga, yakni Bojonegoro. Sebuah role model besar, yang mana bukan sekedar produksi. Namun lebih rinci pada proses pembibitan, produksi, pasca produksi, hingga industri turunan.

” Belum lagi kalau nanti generasi milenial bisa menyambut dalam konteks industri 4.0, maka Insya Allah ini akan bisa bergulir menjadi banyak, ” tambah Ketua Umum Karang Taruna itu.

Perihal uraian pemberdayaan, dia tak mau terbatas dengan role model saja. Namun juga mengembangkan sisi lain, sehingga tak menjadikan pemanfaatan hanya soal wacana. Lebih mengedukasi masyarakat dengan ilmu, dan memberikan contoh sukses agar masyarakat bisa mudah melihat proses dan menikmati hasil.

” Pasti, karena ini memang bukan hanya peka dengan pemberdayaan. Tak hanya terbatas dengan sebuah role model, tapi akan berkembang. Sehingga pemanfaatan itu bukan hanya persoalan wacana, ” pungkas Didik Mukrianto.

Acara ngopi bareng tersebut juga dihadiri oleh Ir. Maskur, MM, selaku calon legislatif Provinsi Jawa Timur yang mahir dalam bidang peternakan, dan juga Muh. Fuad Anggota DPRD Tuban yang getol dalam keagamaan.

Editor : Rusmiyanto