Neng Ema Tinjau Panen Raya Semangka DI Desa Watudakon

oleh -

JOMBANG: Anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah meninjau langsung pelaksanaan panen raya buah semangka di Desa Watudakon Kecamatan Kesamben Jombang, Jawa Timur.

“Alhamdulillah bisa merasakan langsung semangkan Madhuri, rasanya manis ini semangka Madhuri ini dalamnya kuning dan rasanya sangat manis sekali luar biasa,”Ujarnya disela-sela kegiatan panen raya. Sabtu, 4 Juli 2020.

Ia menambahkan, Dengan adanya panen raya tersebut, membuktikan para petani tidak akan terpengaruh dengan adanya Covid-19, tapi tetep para petani tetap menanam memanen buah semangka.” Harganya sudah juga lumayan dan masyarakat juga bisa untuk tambah perekonomian dan kesejahteraan nya untuk menanam buah semangka,”Imbuh perempuan yang akrab disapa Neng Ema Ini.

Selain itu, Neng Ema menambahkan bahwa ada program dari Kementrian Pertanian untuk benih hortikultura yakni benih semangka dan melon. Untuk Desa Watudakon akan menjadi salah satu desa yang akan menerima bantuan tersebut.

“ini kami akan memberikan kepada para petani sehingga mereka bisa menanam semangka dengan baik dan hasilnya juga sangat luar biasa akan kami serahkan kepada kelompok tani atau Gabungan Kelompok Tani,”Tegasnya.

Sedangkan Untuk mekanisme pengajuan bantuan benih buah gratis tersebut pihkanya akan berkerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Setempat untuk melakukan pendataan terhadap salon penerima dan calon lahan (CPCL) yang berhak.

“Selanjutkan mereka (CPCL, red) Dinas Pertanian akan memberikan nanti akan memberikan benih semangka itu berdasarkan diusulkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten secra gratis hal ini dimaksudkan untuk mengurangi beban biaya produksi petani,”Pungkasnya.

NOE