Miris, SD Negeri Di Jombang Hanya Dapat 2 Murid Baru

oleh -

JOMBANG – Salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) Di Kabupaten Jombang hanya mendapatkan 2 murid baru pada tahun ajaran 2019/2020.

Dua murid baru tersebut terdaftar sebagai pelajar di SDN II Sumberaji, di Dusun Ngapus, Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Keduanya berasal dari Dusun di tempat berdirinya sekolah tersebut.

Kepala SDN II Sumberaji, Surati menuturkan, jumlah siswa di sekolah yang berdiri sejak tahun 1984 itu memang tak pernah banyak. Tahun ini saja, jumlah total siswa hanya sebanyak 12 anak.

“Ini sudah menjadi masalah tahunan yang dialami SDN II, dari dulu siswanya sangat minim,” ucapnya, Kamis (18/07/2019).

Untuk murid baru, lanjut Surati, tahun ini hanya dua siswa. Sedangkan keseluruhan kelas hanya terisi di Kelas 1, Kelas 4 dan Kelas 5. Untuk kelas 2, 3 dan 6, tidak ada muridnya sama sekali.

“Tahun ini masih mendingan masih ada siswa baru, berbeda dengan tahun kemarin yang tidak ada siswa baru. Kelas 1 ada 2 siswa baru, untuk kelas 4 ada 4 siswa, dan kelas 5 ada 6 siswa,” imbuhnya.

Kedua murid baru tersebut yakni satu putra dan satu putri. Mereka adalah Muhammad Alfin Ardiansyah dan Khusnul Nur Komariah. Meski cuma dua siswa, keduanya terlihat serius saat jam pelajaran.

Sementara, faktor yang mempengaruhi minimnya murid baru di SDN tersebut lantaran pada Dusun Ngapus, termasuk tinggat pertumbuhan penduduk sangat rendah. 

Dusun tersebut juga mempunyai letak cukup terpencil di banding wilayah lainnya. Dengan wilayah permukiman dengan jumlah penduduk 42 Kepala Keluarga (KK) ini berada di kawasan hutan Tingan. Yang berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Jombang dengan Lamongan.

“Jumlah penduduk disini memang terbatas. Terus jarak dengan Dusun lainnya juga lumayan jauh. Jarak SDN II Sumberaji dengan SDN I Sumberaji, sekitar 5 kilometer,” pungkas Surati.