Miris, Retribusi Wisata Kawah Ijen Banyak yang Masuk Kantong Pribadi

oleh -

BONDOWOSO – Berbagai macam cara dilakukan Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sektor pariwisata kini menjadi skala prioritas.

Namun hal tersebut sangat jauh dari apa yang pemerintah inginkan, pasalnya masih ada oknum-oknum baik dari Perhutani maupun dari Dinas Pariwisata yang mengambil keuntungan pribadi di penarikan retribusi wisata.

Hal tersebut disampaikan Abdul Majid, anggota Komisi II DPRD Bondowoso. Dia menyesalkan pemerintah masih lalai dalam menghadapi masalah retribusi wisata.

“Ini sangat miris mengenai retribusi yang ada di wisata Kawah Wurung dan Kawah Ijen, masih banyak oknum-oknum yang melakukan penarikan retribusi yang diduga tidak masuk dalam PAD Bondowoso,” ujarnya kepada Kabarjatim.com

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar mengungkapkan bahwa secepatnya akan melakukan perbaikan. “Perlu kita ketahui,kebiasaan-kebiasaan itu kan dulu sebelum saya menjabat sebagai Wakil Bupati,” ujarnya usai mengikuti Rapat Paripurna di DPRD Bondowoso, Selasa (22/1/2019).

Irwan juga menambahkan akan menempatkan beberapa petugas keamanan di kawasan wisata Kawah Wurung dan Kawah Ijen dengan melibatka anggota Polres Bondowoso, Kodim dan Satpol PP, agar tidak ada lagi praktek-praktek yang merugikan wisatawan dan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Editor : Ahmad Saefullah