Menuju Wisata Bahari, Warga Bawean Gelar Pameran Kebudayan di Taman Mini

oleh -

SURABAYA – Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terpilih menjadi salah satu tempat singgah destinasi dalam jalur pelayaran yacht dalam acara ‘Wonderful Sail to Indonesia’. Pada acara itu, nantinya sebanyak 120 kapal dari 15 negara bakal singgah di Pulau Bawean.

“Acara ini merupakan awal akan dilaksanakannya Sail Bawean pada bulan depan di Bawean,” kata Ketua Pengembangan Pariwisata Bawean, Ahsanul Haq, di sela acara soft launching “Wonderful Sail to Indonesia di Bawean”, di Anjungan Jawa Timur TMII, Jakarta, Sabtu (8/9).

Anul, demikian ia disapa, menjelaskan bahwa Sail Bawean merupakan salah satu ajang international. Kegiatan itu akan digelar mulai 2-5 Oktober 2018 mendatang.

“Ini merupakan sebuah kesempatan besar bagi warga Bawean untuk mempromosikan diri pada tingkat internasional. Secara ekonomi, masyarakat Bawean juga akan diuntungkan dengan adanya transaksi jual beli antara pengunjung dan warga lokal, mulai dari kebutuhan dasar, sarana transportsi, souvenir dan oleh-oleh khas Bawean,” katanya.

Pada acara Sail Bawean nanti, lanjut Anul, ada berbagai pameran tentang Bawean yang akan dipamerkan. Di antaranya pameran produk kebudayaan Bawean seperti pagelaran kuliner, pencak silat, pantun, dan pameran kekayaan produk budaya seperti tikar dan tas yang terbuat dari daun pandan.

Pulau Bawean merupakan sebuah pulau yang terletak sekitar 120 kilometer sebelah utara Gresik di Laut Jawa. Secara administratif, pulau kecil itu termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Karena letaknya yang strategis, pulau ini terpilih menjadi titik singgah destinasi dalam even besar ‘Wonderful Sail to Indonesia’.

Rencananya, acara itu akan dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman 2014-2015, dan Ketua Badan Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Dr. Indroyono Soesilo, M.Sc ini. Juga akan dihadiri pejabat lainnya, seperti Gubernur Jatim Soekarwo dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. @VIN