Menpora Minta PSSI Evaluasi Gagalnya Timnas di Piala AFF 2018

oleh -

SURABAYA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengevaluasi kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Evaluasi ini penting untuk mengetahui apa penyebab Timnas gagal dalam laga tersebut.

“Jangan sampai ada cita-cita yang baik terhambat oleh kepentingan-kepentingan di internal organisasi. Karena itu, setelah ini Ketua Umum PSSI harus mengevaluasi mencari penyebabnya,” kata Cak Imam, sapaan akrabnya, usai menghadiri Wisuda Universitas Sunan Giri di Dyandra Convention Hall Surabaya, Jawa Timur, Minggu (25/11).

Selain PSSI, lanjut Cak Imam, pihaknya juga akan mengevaluasi tentang kegagalan Indonesia di Piala AFF 2018. Evaluasi ini akan dilakukan setelah Timnas menyelesaikan laga terakhirnya melawan Filipina malam ini.
“Saya nanti juga akan mengevaluasi lebih mendalam lagi apa penyebab kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018,” ujarnya.

Timnas Indonesia sendiri menjamu Filipina pada laga pamungkas Grup B di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu, 25 November 2018 malam. Cak Imam berharap Timnas Indonesia mampu mengakhiri turnamen dengan hasil manis meski sudah dipastikan tersingkir pada Piala AFF 2018. “Indonesia harus menang, harus mengakhiri turnamen dengan manis,” harapnya.

Hal yang lebih penting lagi, kata Cak Imam, apapun yang terjadi di tubuh federasi PSSI jangan sampai mengorbankan para pemain pada laga-laga selanjutnya. Karena itu, Cak Imam berharap Ketua Umum PSSI melakukan evaluasi untuk mengetahui penyebab kegagalan Indonesia di Piala AFF 2018.

“Mereka tetap akan berjuang sekuat tenaga sampai titik darah penghabisan, apapun hasilnya. Ini yang harus dihargai,” ujarnya.

Indonesia harus gigit jari gagal lolos penyisihan Grup B Piala AFF 2018 setelah masih menempati posisi empat dengan torehan tiga poin. Kegagalan ini mengulang catatan hitam pada Piala AFF 2007, 2012 dan 2014.

Editor: Ahmad Saefullah