Menpar Arief Yahya Raih Anugerah Golden Award SIWO PWI

oleh -

SURABAYA – Menteri Pariwisata Arief Yahya mendapat penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Pusat dalam acara Hari Pers Nasional 2019.

Menpar dianggap menjadi salah satu tokoh yang mendukung suksesnya ajang Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan pada acara Ramah Tamah dan Jamuan Makan Malam dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Golden Award SIWO PWI 2019 di halaman Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Jumat malam (8/2/2019).

Penghargaan Kehormatan sebagai Pendukung Sukses Asian Games 2018 dan Asia Para Games 2018 tersebut juga diberikan kepada sejumlah menteri Kabinet Kerja antara lain Menkominfo Rudiantara, Menhub Budi Karya, Menpora Imam Nahrawi, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Jaksa Agung HM Prasetyo yang turut hadir dalam acara tersebut.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo dalam sambutannya mengatakan, digital media mendorong meningkatnya perekonomian Jawa Timur yang di dalamnya banyak berkembang ribuan Industri Kecil Menengah (IKM) melalui “market place”. “Memasuki era digital peran media sangat besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pariwisata,” kata Soekarwo.

Menpar Arief Yahya mengatakan, kemajuan pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini mencapai 23% (di atas pertumbuhan pariwisata dunia 6% dan regional ASEAN 7%). Fakta itu menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pariwisata tercepat nomor 9 dunia, nomor 3 di Asia, dan nomor 1 di ASEAN.

“Pejabat UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia di bawah PBB) menanyakan kepada saya, mengapa pertumbuhan pariwisata Indonesia sangat cepat? Saya jawab, karena pariwisata Indonesia sudah ‘go digital,” kata Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, go digital menjadi sebuah keniscayaan karena 70% wisatawan mancanegara (wisman) sebelum berkunjung ke Indonesia melakukan “search and share” melalui internet atau berbasis digital.
Begitu pula wisman yang datang ke Indonesia atau inbound yang mencapai 50% adalah wisman milenial yang sangat akrab dengan dunia digital. “Pada 2030, wisatawan milenial di Asia dengan kelompok umur 15-35 tahun mencapai 57%. Ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pariwisata kita,” kata Arief Yahya.

Data UNDESA (2014) memproyeksikan pada 2030 wisatawan milenial dengan usia 15-35 di Asia mencapai 57%. Wisatawan milenial di Tiongkok sebanyak 333 juta, Filipina 42 juta, Vietnam 26 juta, Thailand 19 juta dan di Indonesia sebanyak Indonesia 82 juta.

Pemberian penghargaan SIWO (PWI) PWI Pusat terdiri dalam 3 (tiga) kategori; Penghargaan Utama (antara lain atlet terbaik dan Pembina Atlet); Penghargaan Khusus (para penggerak, motivator, peduli); Penghargaan Penghormatan (CDM Terbaik, Lifetime Achievement, Darmabakti Olahraga, Media Peduli Olahraga, dan Pendukung Sukses Asian Games Dan Asian Para Games 2018).

Penghargaan Utama untuk atlet terbaik putra diberikan kepada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan atlet putri Aries Susanti Rahayu.

Sementara itu untuk Media Peduli Olahraga diberikan kepada Anindra Ardiansyah Bakrie TV One, Top Skor, Harian Kompas, TVRI, Metro TV, SCTV, dan Indosiar.