Menag Yaqut Perjuangkan Penambahan Air Zam Zam Lebih dari 5 Liter untuk Jemaah Haji

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berjanji akan berjuang agar tahun depan jemaah Indonesia bisa mendapatkan air Zamzam lebih dari 5 liter. Dia merasa jatah air zam zam sebanyak 5 liter tidak cukup.

“Kita akan perjuangkan. Saya sudah komunikasi dengan berbagai pihak. Dengan Pak Menteri Haji (Arab Saudi) juga saya sampaikan,” ujar Menag melalui siaran pers, Senin,(18/07/2022).

Menag dalam waktu dekat akan bertemu menteri Haji Arab Saudi. Dalam pertemuan tersebut dia akan menyampaikan aspirasi jemaah haji asal Indonesia.

“Setelah semua proses ibadah selesai jamaah pulang. Saya akan kembali ke sini untuk mengikhtiarkan banyak hal salah satunya penambahan Zamzam,” kata dia.

Dia menilai jatah Zamzam yang hanya 5 liter memang sangat tidak cukup. Hal ini yang menjadikan alasan banyak jamaah haji Indonesia tetap nekat memasukkan Zamzam ke koper.

“Mengapa jamaah memaksa bawa Zamzam masuk ke dalam koper? Karena lima liter terlalu sedikit. Kalau memandang jamaah Indonesia sama dengan yang lain tentu berbeda. Kita ini kekeluargaan kita dekat. Kekerabatan kita luas,” tutur dia.

“Jadi kalau lima liter keluarga inti sudah habis jadi tetangga keluarga jauh tidak kebagian. Ini yang akan kita sampaikan agar jamaah haji mendapatkan porsi yang lebih banyak tentu juga sesuai aturan penerbangan,” katanya.

Usai puncak haji, Jemaah haji asal Indonesia mulai berangsur-angsur pulang ke tanah air. Pemulangan gelombang pertama dilakukan mulai 15 -29 Juli 2022 melalui Bandara KAIA Jeddah. Sementara untuk gelombang kedua akan dimulai pada 30 Juli – 13 Agustus 2022 melalui Bandara AMMA Madinah.

Usai tiba di tanah air, jamaah akan singgah terlebih dahulu ke debarkasi masing-masing untuk mendapatkan 5 liter air Zamzam dan menjalani proses observasi kesehatan.

Exit mobile version