Megawati Copot Whisnu Sebagai Ketua DPC PDIP Surabaya

oleh -

SURABAYA – Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menunjuk Adi Sutarwijono sebagai Ketua DPC PDIP Kota Surabaya selama lima tahun ke depan. Awi, demikian ia disapa, menggantikan Whisnu Sakti Buana yang telah 10 tahun atau sejak 2010 memimpin DPC PDIP Surabaya.

Keputusan Megawati Soekarnoputri itu disampaikan Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soedjono, yang ditugaskan untuk membacakan keputusan tersebut, dalam Konferensi Cabang (Konfercab) DPC PDIP Surabaya, Minggu (7/7/2019). Nusyirwan menegaskan bahwa keputusan tersebut telah ditandatangani Megawati dan Sekjend DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

“Memang ada evaluasi untuk setiap DPD dan DPC tingkat daerah. Dan semua kader harus patuh dan tunduk pada putusan DPP,” kata Nusyirwan, dalam sambutannya.

Nusyirwan mengatakan, PDIP adalah partai dengan sejarah panjang yang kenyang dengan berbagai dinamika. Dia yakin semua proses Konfercab berjalan aman dan lancar.

“Kalau pun ada dinamika, semua bisa diselesaikan dengan dewasa. Saya kira semua kader dewasa dalam berdemokrasi,” kata Nusyirwan.

Konfercab Serentak PDIP Jatim digelar di tiga zona, yakni Kota Surabaya, Malang dan Madiun, meliputi kabupaten/kota di sekitar daerah tersebut. Untuk Konfercab PDIP di Surabaya, diikuti 14 daerah, yaitu Kota Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Sumenep, Sampang, dan Pamekasan.

Konfercab serentak ini adalah tahapan proses menuju Kongres PDIP, yang akan digelar di Bali pada 8-10 Agustus 2019 mendatang. Pada acara itu, para kader akan menetapkan Megawati sebagai Ketua Umum PDIP untuk lima tahun kedepan.